Senin, 01 Mei 2017

BE PART OF US!

Capoeira Senzala Malang

Dipublish pada: Senin, 20 Juli 2015

Capoeira Senzala Malang

Capoeira (menurut Wikipedia) adalah sebuah olahraga seni bela diri yang dikembangkan oleh para budak Afrika di Brasil pada sekitar tahun 1500-an. Gerakan dalam Capoeira menyerupai tarian dan bertitik berat pada tendangan. Pertarungan dalam Capoeira biasanya diiringi oleh musik dan disebut Jogo.

Sementara menurut sumber HaloMalang, Capoeira lahir di Brasil pada abad 16 saat penjajahan Portugis di Negara tersebut. Perbudakan menjadi marak di Brasil, dan di dalam dunia perbudakan sendiri, pemberontakan selalu terjadi. Keinginan untuk merdeka itu dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satu cara adalah dengan menggunakan kekuatan fisik. Mereka melatih fisik mereka di malam hari setelah bekerja seharian.

Para pemilik tanah yang memiliki budak-budak itu tentu saja tidak menginginkan hal ini terjadi. Mereka pun melarang para budak untuk melakukan latihan-latihan yang berbau beladiri yang memungkinkan mereka untuk memberontak. Di sinilah awal perkembangan Capoeira.

Para budak kemudian menyamarkan kegiatan mereka dengan seolah-olah melakukan ritual atau tarian tertentu. Pada saat para penjaga melewati daerah mereka, kegiatan latihan bela diri kemudian disamarkan menjadi seperti tarian-tarian.

Capoeira Senzala Malang

Capoeira Senzala sendiri telah didirikan di Rio de Janeiro, Brasil sekitar 50 tahun lalu. Grup ini merupakan grup yang terkenal di dunia. Pertama diperkenalkan di Inggris oleh Nestor Capoeira pada tahun 1971, namun saat itu masih belum terlalu berkembang. Sampai kemudian di tahun 1989, Fernando C.C. Albuquerque (Mestre Gato) datang dan mengelola seni bela diri tersebut.

Perkembangan Senzala di Indonesia melalui perjalanan yang cukup panjang. Berawal dari Grup Capoeira Brincadeira di Jogja yang merupakan perkumpulan anak-anak yang berlatih sendiri dan kemudian mendapat dukungan dari salah seorang Instruktur dari Senzala Inggris, Rod "Medusa" Penn. Setelah mendapat dukungan dari Rod, dan kemudian dukungan datang juga dari Mestre Gato, Grup ini berkembang ke berbagai kota di Indonesia, diantaranya Jakarta, Bandung, Malang, dan Denpasar Bali sampai akhirnya menjadi Grup Senzala Indonesia dibawah asuhan Mestre Gato.

Di Malang, olahraga seni bela diri ini cukup banyak diminati kawula muda. Dan mereka yang menyukai seni bela diri asal Brasil itu pun berkumpul membentuk sebuah komunitas yang kemudian dinamakan Capoeira Senzala Malang.

Capoeira sendiri memiliki 3 arti yaitu: Capoeira sebagai Olahraga, Capoeira sebagai seni, dan Capoeira sebagai ekspresi diri. Dari Capoeira kita dapat mempelajari 3 materi sekaligus, yakni:

  1. Gerakan ~ Dimana dalam Capoeira terbagi lagi menjadi 3 bagian besar yaitu serangan, bertahan, dan variasi gerakan (akrobatik)
  2. Musik ~ Dibagi menjadi 2, yaitu memainkan alat musik dan menyanyikan lagu dengan menggunakan bahasa Brasillian Portuguese
  3. Tarian ~ Di Capoeira, ada beberapa tarian yang diajarkan seperti Maculele (tarian perang) dan Samba de Roda (tarian samba yang diaplikasikan ke dalam Capoeira)

Teknik yang diajarkan di Capoeira itu bervariasi, Ngalamers. Diantaranya Basic, Sequencia atau kombinasi berpasangan, Jogo atau bermain berpasangan (aplikasi), Akrobatik, Musik dimana kita di ajarkan Memainkan alat musik tradisional Brasil (Berimbau, Atabaque, Pandeiro, Agogo, dll), Menyanyikan lagu-lagu Capoeira dalam bahasa Brasilian Portuegese, serta diajarkan Filosofi yang meliputi Budaya, Sejarah, Aturan permainan, Etika permainan.

Berbagai macam permainan Capoeira juga terbagi atas Capoeira Regional, Capoeira Angola, Iuna. Dan selalu dalam Roda (pemain capoeira berkumpul membentuk lingkaran dengan dua orang bermain ditengah dan dipimpin oleh Bateria (pemain musik), Roda juga merupakan permainan yang menggabungkan semua materi dan unsur-unsur di atas.

Bagi Ngalamers yang tertarik untuk bergabung dan berlatih bersama dengan Capoeira Senzala Malang, bisa datang saat jam latihan pada:

Senin dan Kamis mulai jam 16:00 di Lapangan Rektorat Universitas Brawijaya

Kid's Class hari Sabtu mulai jam 16:00 di Lapangan Rektorat Universitas Brawijaya Malang

Contact Person :
Wiwid "Colgate" > 081.332.039.393
Arin "Irma" > 081.333.436.213

Facebook: Senzala Malang
Grupo: Capoeira Senzala Malang
Twitter: @senzalamalang

FOTO-FOTO: Capoeira Senzala Malang

comments powered by Disqus

BIOSKOP
DIENG

GUARDIANS OF THE GALAXY VOL. 2    
12:45  15:30  18:15  21:00
    
FAST & FURIOUS 8    
13:00  15:45  18:30  21:15    


KOMENTAR

PARTNERS