Minggu, 25 Juni 2017

BE PART OF US!

Indonesia Dragonfly Society

Dipublish pada: Jumat, 17 Juli 2015

Indonesia Dragonfly Society

Alamat: Jl. Gresik 14, Malang, Jawa Timur 65115
E-mail: [email protected]
Blog: www.indonesiadragonfly.wordpress.com
Facebook: Odonata Nusantara
FB Page: Indonesia Dragonfly Society (IDS)
FB Group: Mencintai Odonata Nusantara
Twitter: @IDS_dragonfly

Indonesia Dragonfly Society atau yang lebih dikenal dengan IDS adalah sebuah komunitas yang berusaha mengupayakan terciptanya kelangsungan keanekaragaman hayati Capung (Odonata) sebagai pusaka alam Indonesia, Ngalamers. Komunitas ini terbentuk atas dasar rasa ingin tahu, cinta dan kepedulian anggotanya akan kelangsungan hidup Capung yang kian lama semakin langka.

Capung (ordo Odonata) adalah serangga yang berperan penting bagi terwujudnya lingkungan yang sehat, Ngalamers. Capung juga merupakan indikator perairan yang masih sehat. Keberadaan capung tentu bisa menjadi sahabat dunia pertanian karena ia memiliki peran sebagai pemangsa dan penyeimbang alami hama tanaman. Capung juga membantu memangsa dan pengendali nyamuk berikut jentik-jentiknya. Namun ternyata, peran dan manfaatnya itu masih belum banyak kita ketahui dan sadari Ngalamers, terutama oleh generasi muda sekarang. Hal ini tidak lepas dari kenyataan bahwa informasi dan pemahaman mengenai Capung yang bisa diketahui masyarakat masih sangat sedikit. Itulah mengapa, saat ini populasi dan keberagaman Capung banyak berkurang seturut dengan kondisi lingkungan yang semakin lama semakin rusak, padahal Capung akan selalu membutuhkan perairan dan lingkungan yang baik agar terus berlangsung kehidupannya.

Indonesia Dragonfly Society

Berangkat dari itulah Komunitas Indonesia Dragonfly berambisi untuk mengupayakan kelangsungan keanekaragaman hayati Capung sebagai pusaka alam di wilayah Malang pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Hal tersebut pun kemudian ditanamkan pada visi/misi dan program kerja komunitas IDS ini.

Visi:
Terciptanya kelangsungan keanekaragaman-hayati Capung (dragonfly dan damselfly) sebagai pusaka alam kita.

Misi:

  • Menjaga kelestarian pusaka alam melalui Capung (dragonfly dan damselfly) sebagai fokus kegiatannya.
  • Mengusahakan perbaikan habitat Capung dan pemanfaatnya secara kultural, ekologi, maupun ekonomi bersama masyarakat.
  • Melakukan pendidikan publik agar masyarakat mencintai Capung dan menghargai jasa-jasanya bagi lingkungan hidup dan sejarah peradaban.
  • Mendorong dan memfasilitasi hadirnya kelompok pecinta dan pelestari Capung dipelbagai wilayah Indonesia.

Program:

1. Pengembangan Jaringan
Berusaha menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik individu dan lembaga/instansi, untuk lebih memaksimalkan arah tujuan pencapaian misi.

2. Peningkatan Kapasitas
Berusaha untuk mengembangkan potensi setiap anggota dan simpatisan pecinta Capung sehingga bisa memaksimalkan arah tujuan pencapaian misi.

3. Penelitian dan Pengamatan
Berusaha untuk melakukan penelitian dan pengamatan, baik dari sisi pandang Keanekaragaman Hayati dan sisi pandang persepsi masyarakat melalui situasi kondisi Sosial Budaya.

4. Pengumpulan, Pengelolaan Data dan Informasi
Data dan informasi mengenai Odonata (dragonfly dan damselfly) di Indonesia pada umumnya masih sangat minim, sehingga bagi siapa saja yang membutuhkan bahan referensi masih sangat sulit. Oleh karena itu, keberadaan Indonesia Dragonfly Society ini diharapkan bisa menjadi wadah dan rujukan bagi siapa saja pecinta Capung untuk menjadi tempat pencarian data tentang Capung yang ada di Malang khususnya, ataupun di Indonesia pada umumnya. Sebab sejak dibentuknya pada bulan September 2010, Indonesia Dragonfly Society telah berusaha membentuk kerjasama dengan berbagai pihak baik individu ataupun lembaga untuk melakukan pengumpulan data dan informasi Odonata.

5. Media dan Penggalangan Dana
Pelestarian Odonata memerlukan partisipasi aktif dari kita semua. Untuk itu, secara kreatif mengkampanyekan kegunaan capung dengan berbagai jenisnya sebagai sarana pendidikan dan pendanaan.

Organisasi Indonesia Dragonfly Society

DEWAN PENASEHAT:

  1. Eka Budianta
  2. Suputa
  3. Albertus Herwanta, O.Carm
  4. Sugita Dana Tedjasoekmana
  5. Baning Prihatmoko
  6. Setiawan Surbekti
  7. Prigi Arisandi

KETUA:
Wahyu Sigit Rhd

DEWAN PENGURUS:

  1. Bambang Feriwibisono
  2. Nur Christian
  3. Bernadeta Putri Irma Dalia
  4. Henry Gunawan
  5. Rahman Azis
  6. Lina Mariantika
  7. Tabita Makitan
  8. Satrio Wisanggeni

Kalau Ngalamers tertarik dengan kegiatan yang dilakukan komunitas IDS dan mau bergabung, silahkan bertanya langsung via email ke [email protected] atau mention twitter @IDS_dragonfly

FOTO-FOTO: Indonesia Dragonfly Society

comments powered by Disqus

BIOSKOP
DIENG

TRANSFORMERS: THE LAST KNIGHT    
11:30  12:00  14:30  15:00  20:00  20:30    


KOMENTAR

PARTNERS