Minggu, 26 Maret 2017

BE PART OF US!

Komunitas Akar Tuli Malang

Dipublish pada: Rabu, 25 Maret 2015

Menurut bahasa, tunarungu dan tuli merupakan dua hal yang berbeda. Tunarungu (hearing impairment) adalah seseorang yang mengalami gangguan pendengaran dalam skala kecil dan dapat disembuhkan dalam jangka waktu tertentu dengan menggunakan bantuan medis. Tuli merupakan seseorang yang kehilangan pendengarannya dalam skala besar atau hanya dapat menerima bunyi yang terpecah-pecah dengan atau tanpa menggunakan alat bantu. Akan tetapi, sebagian besar komunitas menyebut diri mereka sebagai tuli, karena pemuda tuli lebih menyukai penyebutan ‘tuli’ karena dianggap sebagai identitas sosial mereka. Kata ‘tuli’ mengandung makna sebagai persamaan hak dengan orang yang mendengar / hearing. Tuli mendapatkan banyak diskriminasi dalam berbagai hal yang menjadikan mereka terkadang dianggap anti-sosial atau cenderung tidak mau bergaul. Tidak semua teman tuli dapat berkomunikasi verbal yang merupakan cara komunikasi yang digunakan mayoritas pemuda Indonesia. Hal ini yang menyebabkan tuli dianggap kurang dapat bergaul dengan pemuda. Padahal sebenarnya teman-teman tuli mengalami kesulitan dalam komunikasi karena sebagian besar pemuda tidak mengetahui cara berkomunikasi dengan tuli atau mengenal bahasa isyarat.
 
Pengalaman tersebut menjadikan beberapa penyandang tuli di Kota Malang memutuskan untuk membuat Komunitas AKAR TULI. Nama Akar Tuli berasal dari singkatan dari Aksi Arek Tuli. Komunitas AKAR TULI diharapkan mampu menjadi sarana bagi pemuda tuli di Kota Malang untuk mengembangkan kemampuan mereka, mengurangi pengalaman diskriminasi yang selama ini telah terjadi dan memperkenalkan diri orang tuli ke dalam pemuda luas.
Komunitas AKAR TULI terbentuk semenjak tahun 2012 dan diresmikan pada tanggal 9 September 2013. Komunitas Akar Tuli juga didukung oleh kesiapan Volunteer, yaitu hearing people yang membantu teman-teman tuli dalam berkomunikasi dengan pemuda sekitar, membantu pelaksanaan tuli dalam berorganisasi dan membantu teman tuli dengan cara menerjemahkan komunikasi verbal ke dalam isyarat di berbagai acara.  
 

Tujuan dari komunitas akar tuli antara lain mengembangkan potensi dan kemampuan pemuda/i tuli, terjalinnya komunikasi yang baik antara pemuda tuli dan pemuda/i hearing, serta memperjuangkan aksesibilitas dalam berbagai bidang pendidikan,pekerjaan dan hukum yang selama ini belum berjalan dengan baik. Sedang visi dari komunitas AKAR TULI adalah membentuk pemuda tuli yang berkepribadian, memiliki kepedulian sosial dan berkemampuan, mensosialisasikan Bahasa Isyarat sebagai bahasa ibu dan bahasa utama komunikasi tuli, meningkatnya kesadaran pemuda hearing terhadap tuli, ketulian dan bahasa isyarat. Adapun misi dari Komunitas AKAR TULI adalah penyadaran terhadap persamaan kewajiban pada pemuda baik tuli / hearing, mengadakan penyaluran aspirasi, pengembangan potensi ilmu dan pengabdian pemuda tuli, menjalin dan mempererat hubungan kekeluargaan antara tuli dan hearing, mempromosikan Bahasa isyarat sebagai bahasa utama dalam semua acara Akar Tuli.
 
Kegiatan komunitas akar tuli yang sudah berjalan mengadakan acara rutinan khusus untuk tuli berupa mengadakan pelatihan kemampuan, mengenal lebih dalam tentang ketulian dan hak tuli serta berbagi pengalaman dalam berorganisasi dan kehidupan masing-masing anggota. Mengadakan acara rutinan bersama volunteer seperti pelatihan bahasa isyarat bagi volunteer dan diskusi bersama volunteer mengenai isu ketulian dan kehidupan hearing people. Dan acara rutin bersama pemuda yang diadakan di Car Free Day (CFD) setiap minggunya, serta mengadakan pelatihan bahasa isyarat dan hak tuli, tidak lupa menjalin hubungan dengan berbagai komunitas di kota Malang dan di luar kota Malang.
 
Struktur Organisasi Komunitas Akar Tuli
Ketua             : Fikri Muhandis
Wakil ketua    : Maharoni hendra Pradikja
Sekretaris      : Dina Amalia Fahima
Bendahara     : Nur Syamsyan fajrina
Koordinator    : Ramadhanti  
                       Muria Naharul Hudan Najihul Ulum
Humas           : Bayu Pradita
                       Octaviany Wulansari
                       Siti Nur Latifah
Panitia Acara  : Niken Ayu
                       Laksita P.S
                       Evangelina
                       Moh. Hasan
                       Lusyana Anggraini
                       Monika
                       Edi Winarko
                       Prayogi Dwi M.
Volunteer      : Rafidah Riahta
                      Randy Dwi A.
 
Facebook      : Akar Tuli Malang
Twitter          : @AKARTULI
Website        : akartuli.weebly.com/
Email           : [email protected]
Concant Person    : 081944920110 (sms)
Basecamp    : berpindah-pindah, tapi biasanya kami lebih sering berada di daerah Universitas Brawijaya.
 

comments powered by Disqus

BIOSKOP
DIENG

BEAUTY AND THE BEAST    
12:30  15:05  17:40  20:15
    
POWER RANGERS    
13:00  15:35  18:10  20:45    


KOMENTAR

PARTNERS