Selasa, 24 Januari 2017

BE PART OF US!

Komunitas Sahabat Anak Kanker Malang

Dipublish pada: Kamis, 24 Desember 2015

Sahabat Anak Kanker merupakan komunitas nirlaba yang didirikan pada Agustus 2015 berdasarkan pengalaman merawat pasien kanker anak serta berdasarkan kepedulian, kasih, dan empati pada pasien kanker anak serta orang tua dan keluarganya. Melalui Sahabat Anak Kanker kami ingin membuka mata masyarakat agar lebih paham mengenai kanker pada anak, serta menjadi lebih aware, peduli dan berempati pada pasien kanker anak.

Relawan Sahabat Anak Kanker ini terdiri dari survivor kanker anak, keluarga pasien kanker anak, serta masyarakat yang peduli dan sayang pada pasien kanker anak. Kepedulian ini akan diwujudkan dengan cara sharing dan berbagi kasih dengan mereka, para jagoan cilik yang sedang berjuang melawan kanker.

Berat dan lamanya pengobatan kemoterapi sangat berpengaruh kepada psikis dan mental para pasien kanker anak, karena kehilangan waktu mereka untuk bermain, belajar, serta menikmati bahagianya masa kanak-kanak. Sahabat Anak Kanker berupaya membantu mengembalikan senyum dan keceriaan para jagoan pasien kanker anak ini melalui kegiatan bermain dan belajar, karena kami yakin senyum dan kebahagiaan akan membantu proses penyembuhan mereka.

Meningkatnya jumlah penderita kanker anak setiap tahunnya tidak diimbangi dengan kemudahan akses informasi mengenai kanker pada anak. Banyak orang tua dan keluarga pasien kanker anak yang menggantungan informasi dari sumber yang tidak kompeten dan anonim. Hal tersebut seringkali menyesatkan dan kontra produktif bagi pasien kanker anak. Melalui Sahabat Anak Kanker, kami akan menyediakan akses informasi yang memadai tentang kanker anak. Informasi yang disediakan bersumber dari narasumber yang kompeten, yaitu para Dokter Spesialis Anak, praktisi kesehatan, serta narasumber kompeten lainnya.  Harapan kami dengan tersedianya akses informasi mengenai kanker anak, keluarga pasien kanker anak dan masyarakat menjadi lebih memahami tentang penyakit kanker pada anak serta penanganan terbaiknya.

2. VISI

  • Membantu usaha pemerintah dalam pembangunan dibidang kesehatan anak khususnya penanggulangan penyakit kanker pada anak di Indonesia.
  • Memotivasi pasien kanker anak dan keluarga untuk pantang menyerah, terus berusaha, serta membantu perkembangan psikis dan pendidikan pasien kanker anak.
  • Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penyakit kanker pada anak.


3. MISI

  • Berbagi kasih dan peduli dengan pasien kanker anak.
  • Memberikan perhatian dan bimbingan pada pendidikan dan perkembangan psikis pasien kanker anak.
  • Berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta konseling mengenai kanker anak dengan orang tua dan keluarga mereka melalui “Family Sharing Group”.
  • Menyebarluaskan informasi mengenai  penyakit kanker pada anak, deteksi dini, dan penanggulangannya kepada masyarakat luas.
  • Menyediakan akomodasi, pendidikan, serta transportasi bagi anak-anak yang sedang dalam pengobatan dan perawatan di rumah sakit.
  • Mewujudkan fasilitas rumah singgah untuk pasien kanker anak yang terpadu, memadai, dan layak untuk pasien kanker anak.
  • Menjalin hubungan dengan lembaga atau yayasan sosial, rumah sakit maupun organisasi-organisasi baik di dalam maupun luar negeri

4. KEGIATAN KOMUNITAS
Sebagai bentuk kasih dan kepedulian kepada para jagoan penderita kanker anak tertama di Malang, kami mengagendakan beberapa kegiatan, baik yang rutin maupun insidentil, antara lain:

  • Sahabat Main, merupakan kegiatan rutin Sahabat Anak Kanker dengan  melakukan kunjungan dan bermain dengan pasien kanker anak di RS. Pada kunjungan ini, berbagi kebahagiaan dengan pasien anak merupakan tujuan utama. Karena selama menjalani proses kemoterapi yang membutuhkan waktu yang panjang maka para jagoan cilik ini harus berhenti sekolah dan juga jauh dari kawan mereka, padahal belajar dan bermain merupakan hak anak-anak. Dengan kunjungan dan kegiatan bermain dan belajar, maka pasien kanker anak tidak akan kehilangan keceriaan mereka, karena bermain dan belajar merupakan hak mereka walaupun dalam masa pengobatan. #SahabatMainSAK
  • Family Sharing Group merupakan sarana sharing dan konseling mengenai kanker anak antara relawan Sahabat Anak Kanker dengan orangtua maupun keluarga pasien kanker anak. Relawan Family Sharing Group merupakan relawan yang terdiri dari beragam latar belakang seperti dokter, perawat, survivor kanker, maupun relawan yag pernah merawat keluarga dengan penyakit kanker. Dengan adanya grup untuk berbagi ini, diharapkan keluarga pasien kanker anak termotivasi untuk terus berusaha memperjuangkan kesembuhan putra-putrinya, serta tidak patah harapan. #FamilySharingSAK
  • Sekolah Sayang. Masa pengobatan kemoterapi untuk pasien kanker anak memakan waktu yang cukup panjang. Seringkali selama masa pengobatan kanker mereka harus meninggalkan sekolah dalam waktu yang cukup lama sehingga mereka harus tinggal kelas. Sahabat Anak Kanker berupaya untuk mengusahakan agar pendidikan pasien kanker anak tidak terhenti saat mereka menjalani pengobatannya. Kami akan berusaha bekerjasama, baik dengan sekolah asal mereka maupun dengan sekolah yang ada di malang, agar para pasien ini tetap mendapatkan nilai dan apresiasi dari pihak sekolah sehingga saat pengobatan telah selesai dan kondisi pasien telah membaik mereka dapat kembali berkumpul dengan kawan-kawan mereka tanpa harus mengulang kelas yang dapat menjatuhkan mental dan psikologis pasien kanker anak. #SekolahSayangSAK
  • Surat Dari Sahabat, merupakan salah satu upaya dari Sahabat Anak Kanker untuk mendekatkan anak-anak (terutama siswa TK dan SD) dengan pasien kanker anak. Para relawan Sahabat Anak Kanker mengadakan kunjungan ke Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak di Malang Raya. Tujuan kunjungan ini adalah untuk mengenalkan para siswa TK dan SD kepada para jagoan pasien kanker anak. Dengan  kegiatan ini diharapkan akan terpupuk rasa empati, kasih dan sayang sejak dini kepada pasien kanker anak. Para siswa akan diajak untuk menulis surat untuk memberi semangat para pasien kanker anak. Dengan kiriman surat dari sahabat-sahabat mereka di luar, diharapkan akan memotivasi dan memberi semangat pasien dan keluarga untuk tetap berjuang dan tidak kehilangan asa dalam mengusahakan pengobatan untuk putra-putri mereka. #SuratSahabatSAK
  • Taman Baca, Sahabat Anak Kanker berupaya menyediakan taman bacaan untuk pasien kanker anak di Ruang Anak di Rumah Sakit. Dengan Taman Bacaan Sahabat Anak Kanker ini mereka dapat membaca dan belajar di sela waktu pengobatan mereka. kami akan menyediakan buku bacaan dan buku-buku lainnya yang sesuai dengan usia pasien kanker anak, serta melakukan perawatan dan update stok buku-buku yang sesuai kebutuhan para pasien kanker anak. #TamanBacaSAK
  • One Day Playground. Sebagai anak-anak, bermain merupakan kebutuhan utama, termasuk juga untuk pasien kanker anak. Selama masa pengobatan pasien kanker anak kehilangan kesempatan mereka untuk bermain, hal ini karena ketiadaan ruang bermain khusus pasien di dalam area RS. Sahabat Anak Kanker menyediakan One Day Playground, dimana selama sehari relawan Sahabat Anak Kanker akan menyediakan ruang bermain dan juga mainan sehingga pasien kanker anak dapat bermain di sela-sela waktu pengobatannya. Selain itu kami akan mengupayakan tersedianya Ruang Bermain Anak yang permanen di lingkungan Ruang Anak Rumah Sakit, sehingga para pasien kanker anak dapat bermain untuk sebagai bagian dari terapi pengobatan. #1DPlaygroundSAK
  • Rumah Singgah, mendirikan rumah singgah yang layak dan sesuai untuk pasien kanker anak merupakan target Sahabat Anak kanker. Dengan adanya rumah singgah, maka pasien kanker anak yang berasal jauh dari kota Malang punya kesempatan recovery dan bermain saat jeda kemoterapi, hal ini sangat baik untuk perkembangan fisik dan emosi mereka yang akan berdampak baik kepada proses penyembuhan kanker mereka. Di rumah singgah, selain dapat beristirahat saat jeda pengobatan, pasien kanker anak juga dapat bermain dan juga belajar sebagaimana di rumah. #RumahSAK

5. DUKUNGAN
Dengan tujuan utama untuk berbagi kebahagiaan dengan para jagoan pasien kanker anak, Sahabat Anak kanker akan selalu berupaya untuk memberikan perhatian dan kasih kepada mereka. Beragam kegiatan telah dilaksanakan dan telah memenuhi harapan kami untuk membuat para pasien kanker anak dan orangtuanya bahagia yang kami yakin akan memiliki efek yang positif dalam pengobatan mereka.

Beragam kegiatan yang telah dilaksanakan dan yang kami rencanakan kedepannya tentu tidak akan dapat berjalan tanpa bantuan dari masyarakat. Sebagai sesama manusia yang memiliki kasih dan kepedulian, kami sangat mengharapkan dukungan dari semua elemen masyarakat sehingga semua hal yang kami rencanakan dan laksanakan dapat berhasil dan memberikan manfaat, baik untuk pasien kanker anak, keluarga mereka, serta bagi masyarakat luas
Andapun dapat memberikan dukungan untuk terlaksananya kegiatan Sahabat Anak Kanker ini dengan menjadi:

  • Relawan; dengan menjadi relawan, maka kita berkesempatan berperan secara aktif dan kontinyu berbagi kasih serta menjalin ikatan emosional dengan pasien kanker anak.
  •  Donatur; selain menjadi relawan, masyarakat dapat berperan serta menjadi bagian dari Sahabat Anak Kanker dengan cara menjadi donatur. Donasi dapat berupa barang maupun dana. Hasil dari donasi para sahabat akan diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang digagas oleh Sahabat Anak Kanker sebagai perwujudan dari kasih dan kepedulian kita kepada pasien kanker anak.


6. SUSUNAN PENGURUS
Pembina           : Dr. Susanto Nugroho SpAK
Penasehat        : Sugiarno S.St, M.Pd

Pengurus    
Ketua               : Nur Very Heni Susanto
Wakil Ketua      : Luke Yani Saridina
Sekretaris        : Asri Paramitha Pradana
Bendahara       : Retno Mayasari
Publikasi          : Kornelius Towendaya Lapono
Dokumentasi   : Gita Adi Tamtama
Public Relation  : Sony Manggala Putra

Komunitas Sahabat Kanker Anak | Malang
(Childhood Cancer Care Group malang)
Alamat            : Jalan Selat Bali E2-14 Sawojajar, Malang
E-mail            : [email protected]
Phone            : 0895 2397 4666
Facebook        : sahabatanakmlg
Twitter            : @sahabatanakMLG

comments powered by Disqus

BIOSKOP
DIENG

XXX: RETURN OF XANDER CAGE    
12:30  14:40  16:50  19:00  21:10
    
THE WARRIORS GATE    
12:00  14:15  16:30  18:45  21:00    


KOMENTAR

PARTNERS