Kamis, 27 April 2017

BE PART OF US!

TurunTangan Malang

Dipublish pada: Jumat, 11 Maret 2016

 

TurunTangan Malang dalam project Ruang Sinau tahun 2015 di MI Roudhotul Jannah, Kec. Jabung, Kabupaten Malang (Foto: TurunTangan Malang)

TurunTangan Malang adalah gerakan sosial yang berlokasi di Kota Malang dan merupakan bagian dari TurunTangan di seluruh Indonesia. Gerakan ini didasari dengan pemahaman bahwa masalah di Indonesia tidak bisa diselesaikan hanya oleh satu orang saja.

Sejarah adanya TurunTangan Malang dimulai ketika Anies Baswedan menjadi peserta konvensi Partai Demokrat pada tahun 2013. Ketika itu, Anies Baswedan memberikan gagasan bahwa setiap warga Indonesia harus turun tangan untuk menyelesaikan masalah yang ada di Indonesia. Berdasarkan gagasan ini, maka terbentuklah gerakan TurunTangan di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Kota Malang.

TurunTangan Malang sendiri terbentuk secara resmi pada tanggal 14 Desember 2013. Seiring dengan tidak terpilihnya Anies Baswedan sebagai calon presiden dari Partai Demokrat, TurunTangan di berbagai regional kemudian bergerak untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi di daerah masing-masing. 

Sampai saat ini, TurunTangan Malang bergerak di beberapa bidang, diantaranya pendidikan, kebudayaan, lingkungan, dan beberapa bidang lainnya yang disesuaikan dengan permasalahan yang ada di Kota Malang. Berdasar pada beberapa permasalahan tersebut, TurunTangan Malang kemudian membuat beberapa project, seperti Ruang Sinau (bidang pendidikan), Jelajah Ngalam (bidang kebudayaan), serta turut berpartisipasi dalam kegiatan Indonesia Bebas Sampah 2020 (bidang lingkungan).

Ke depannya, TurunTangan Malang akan terus bergerak di berbagai bidang permasalahan yang dihadapi oleh Kota Malang, yang nantinya akan dikonversi ke dalam berbagai project.

TurunTangan Malang memiliki slogan, yang berbunyi: “Ketika yang Lain Memilih Urun Angan, Kita Disini Memilih Untuk Turun Tangan”.

TurunTangan Malang sedang mengikuti aksi #BebasSampah2020 #MalangBebasSampah pada 21 Februari 2016. (Foto: TurunTangan Malang)

Aksi TurunTangan Malang

Kegiatan ‘Menuju Indonesia Bebas Sampah 2020’ dilaksanakan pada 21 Februari 2016. Bersama komunitas se-Malang Raya, mengajak pengunjung Car Free Day (CFD) sadar akan kebersihan lingkungan dan mengelola sampah dengan baik. Pada waktu yang sama juga dideklarasikan “Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)” yang akan menjadi agenda rutin tahunan untuk selalu diperingati sebagai hari peduli sampah.

Project Ruang Sinau. Inisiasi ide project ini lahir karena keresahan kami sebagai pemuda akan pendidikan di Malang Kota maupun Kabupaten yang luput diperhatikan oleh pemerintah, entah dari segi infrastruktur bangunan dan fasilitas maupun sumberdaya pengajarnya.

Setelah melewati proses survey selama dua bulan, terpilihlah salah satu sekolah dasar yakni MI Roudhotul Jannah untuk menjadi tempat pelaksanaan Ruang Sinau selama 3 bulan (September-Desember 2015). Sekolah dasar ini berada di Desa Jabung Kabupaten Malang yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1-1,5 jam dari Kota Malang.

Kegiatan #JelajahNgalam2di pelataran Candi Kidal bersama Komunitas BMS dari Ilmu Sejarah Univ. Negeri Malang pada 05 Maret 2016. (Foto: TurunTangan Malang)

Dan yang terbaru, pada 05 Maret 2016  adalah saat melakukan kegiatan #JelajahNgalam2 yang dilakukan di 3 tempat di Malang, yakni: Candi Kidal,  Candi Jago, Coban Pelangi. Dua candi tersebut merupakan situs bersejarah di Malang Raya.

Di Candi Kidal & Candi Jago kita diberikan materi tentang sejarah candi tersebut oleh dari Ilmu Sejarah Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam Komunitas BMS.

 

Silahkan kunjungi website turuntanganmlg.wordpress.com yang berisi tentang tulisan-tulisan para relawan TurunTangan Malang.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi dan hubungi:

Twitter: @turuntanganmlg
Instagram: @turuntanganmlg
Official Line: @xku0678d
CP: 085736281696 (Muna)

FOTO-FOTO: TurunTangan Malang

comments powered by Disqus

BIOSKOP
DIENG

GUARDIANS OF THE GALAXY VOL. 2    
12:45  15:30  18:15  21:00
    
FAST & FURIOUS 8    
13:00  15:45  18:30  21:15    


KOMENTAR

PARTNERS