Rabu, 22 Oktober 2014

BE PART OF US!

Wisata Purbakala: Komunitas Pecinta Sejarah & Budaya

Dipublish pada: Minggu, 08 Juni 2014

Komunitas Wisata Purbakala

Wisata Purbakala adalah sebuah komunitas pecinta budaya dan sejarah yang ada di Malang, Ngalamers. Komunitas ini kerap kali mengadakan berbagai kegiatan kunjungan ke wisata-wisata bersejarah yang ada di wilayah Malang dan sekitarnya. Namun bukan sekedar berwisata ke berbagai tempat wisata sejarah, komunitas ini juga didirikan untuk turut berpartisipasi menjaga, melestarikan dan mempromosikan peninggalan sejarah serta budaya yang ada di Indonesia.

Komunitas Pecinta Sejarah & Budaya

Komunitas Wisata Purbakala inilah yang menjadi wadah untuk mengapresiasikan kegiatan atau kepedulian sesama anggotanya terhadap nilai-nilai sejarah dan kebudayaan yang ada. Adapun berbagai hal yang dilakukan komunitas pecinta sejarah dan budaya ini antara lain yakni melakukan upaya edukatif dengan mengundang tokoh-tokoh yang ahli dibidangnya seperti sejarahwan/arkeolog, dinas pariwisata terkait, dan lain-lain untuk memberikan pemahaman yang terarah. Kegiatan yang biasa dilakukan komunitas pecinta budaya dan sejarah sendiri meliputi kunjungan ke berbagai tempat yang berkaitan dengan sejarah dimasa lampau dan kaitan-kaitan dengan kegiatan kearifan lokal penduduk sekitar, misanya Tari Topeng Malangan, Museum, candi-candi dan peninggalan-peninggalan peradaban di masa lampau. Hal tersebut dimaksudkan dengan harapan agar kita semua bisa belajar bersama untuk menjaga kelestarian dan kearifan budaya bangsa sebagai warisan tradisi luhur bangsa kita, Ngalamers.

Komunitas Wisata Purbakala

Seperti yang mungkin Ngalamers ketahui, bahwa sebagain besar orang dewasa ini masih banyak yang acuh terhadap sejarah. Padahal dari sejarah, kita bisa banyak mengambil hikmah & manfaat, diantaranya seperti:

1. Edukatif

Sejarah bisa memberikan kearifan dan kebijaksanaan (make man wise) bagi yang mempelajarinya. Dengan belajar sejarah orang akan senantiasa berdialog antara masa kini dan masa lampau, Ngalamers. Mencari hubungan antara waktu sekarang dengan masa lampau, sehingga ia bisa memperoleh nilai-nilai penting yang berguna bagi kehidupannya. Nilai-nilai berupa ide-ide maupun konsep kreatif sebagai sumber motivasi bagi pemecahan masalah kini dan selanjutnya untuk merealisasikan harapan masa yang akan datang. Bahwa hanya apabila kita bisa memperoyeksikan masa lampau ke masa kinilah kita bisa berbicara tentang arti dan makna edukatif dari sejarah, sebab dalam kemasakinianlah masa lampau itu baru merupakan “masa lampau yang penuh arti” (the meaningfull past) bukan “masa lampau yang mati” (the dead past).

2. Inspiratif

Belajar sejarah, disamping Ngalamers bisa memperoleh ide-ide atau konsep-konsep kreatif yang berguna bagi pemecahan masalah masa kini, ternyata penting juga bagi kita untuk memperoleh inspirasi dan semangat untuk mewujudkan identitas sebagai suatu bangsa, semangat nasionalisme maupun dalam upaya menumbuhkan harga diri bangsa.

3. Rekreatif

Rekreatif disini merujuk pada nilai estetik dari sejarah, terutama sejarah yang berkaitan dengan cerita-cerita indah tentang peristiwa sejarah ataupun tokoh. Dengan membaca sejarah, Ngalamers akan bisa menerobos batas waktu dan tempat menuju masa lalu yang jauh sekalipun untuk mengikuti berbagai peristiwa manusia di dunia.

4. Instruktif

Instruktif sejarah berkaitan dengan fungsi sejarah dalam menunjang bidang-bidang teknologi (sejarah teknologi), dalam artian bahwa studi atau hasil penelitian sejarah yang menyangkut penemuan-penemuan teknik sepanjang sejarah kehidupan manusia, dimana sejarah masing-masing penemuan tersebut diperlukan bagi usaha menjelaskan prinsip-prinsip kerja teknik-teknik tertentu dalam masa setelahnya.

Nah, banyak bukan yang bisa kita pelajari dari sejarah dan budaya, Ngalamers? Apakah sekarang Ngalamers tertarik untuk belajar lebih dalam akan sejarah serta budaya bangsa dan bergabung dengan Komunitas Wisata Purbakala ini?

Komunitas Pecinta Sejarah & Budaya

Jika Ngalamers ingin tahu lebih jauh mengenai Komunitas Wisata Purbakala ini dan tertarik untuk menjadi anggota, jangan segan untuk menghubungi:

Twitter: @WisataPurbakala
Facebook: Komunitas Sejarah & Budaya
Email: wisata_purbakala@yahoo.co.id
Contact Person:
1. Edi Sanjaya (081333122331)
2. Jhick Jenny (081333191010)

FOTO-FOTO: Wisata Purbakala: Komunitas Pecinta Sejarah & Budaya

comments powered by Disqus

BIOSKOP
DIENG

FURY    
13:00  15:40  18:20  21:00
    
LEFT BEHIND    
13:30  15:45  18:00  20:15 


KOMENTAR

PARTNERS