Jumat, 26 Mei 2017

BE PART OF US!

Angkot Baca, Angkot yang Dilengkapi 'Perpustakaan Mini'

Dipublish pada: Kamis, 18 Mei 2017

Setelah kisruh angkutan online, kini sopir angkot punya iovasi terbaru, agar penumpang merasa nyaman dan senang. Salah satu cara yang dilakukan dengan menyediakan beberapa buku bacaan  di akrilik atau papan bening transparan yang terpasang di sudut belakang kendaraan, Ngalamers.

Angkot yang juga dikenal sebagai angkot baca ini digagas oleh sekelompok mahasiswa yang menamakan dirinya Mahasiswa Penggerak (Mager) untuk menumbuhkan minat baca masyarakat.

Caranya, mereka menggandeng sejumlah angkot untuk dititipi buku bacaan. Dengan begitu, para penumpang angkot yang biasanya hanya diam atau memainkan gadget kini bisa membaca buku yang telah tersedia. ”Sambil naik angkot, penumpang bisa baca buku,” kata Miftah, salah satu relawan komunitas Mager.

Dia menyatakan, Angkot Baca mulai terealisasikan pada akhir bulan Februari 2017. Gerakan tersebut merupakan bentuk kepedulian literasi kerakyatan. ”Membaca merupakan hak seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali. Bahkan, tanpa uang pun mereka berhak membaca,” kata mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu.

Saat ini baru ada 12 angkot baca yang melayani sejumlah trayek di Malang. Yakni, dua angkot trayek Arjosari – Dinoyo – Landungsari (ADL), dua angkot trayek Terminal Landungsari – Dinoyo – Gadang – Terminal Hamid Rusdi ( LDG), empat angkot Arjosari – Landungsari (AL) serta empat angkot Terminal Hamid Rusdi – Gadang – Terminal Landungsari (GL).

Sumber : liputan6

comments powered by Disqus

BIOSKOP
DIENG

PIRATES OF THE CARIBBEAN: SALAZAR'S REVENGE    
12:45  15:05  15:20  20:00  20:30
    
CRITICAL ELEVEN    
12:30   


KOMENTAR

PARTNERS