Selasa, 27 Juni 2017

BE PART OF US!

Bekali Pelaku UMKM Agar Naik Kelas

Dipublish pada: Sabtu, 20 Mei 2017

Supari (kiri) Executive Senior Vice President UKM dan Konsumer BRI dalam keterangan pers di Rumah Kreatif BUMN, Malang. Kamis, 18/05/2017. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Kota Malang dipilih menjadi tujuan kedua digelarnya Parade UMKM BRI 2017 (19 - 21 Mei), setelah dua pekan sebelumnya dilaksanakan di Semarang.

Besarnya potensi usaha kreatif UMKM dan geliat start up digital di Kota Pendidikan ini dalam beberapa tahun terakhir dinilai pihak BRI cocok dengan visi mereka.

"Berbeda dengan Semarang, segementasi Malang lebih cenderung ke usaha kreatif yang nantinya akan diarahkan ke digital (go digital) semuanya. Ada bazaar, coaching clinic, juga kompetisi. Sebagai edukasi, kami datangkan expert yang berbasis bisnis digital," ujar Supari, Executive Senior Vice President UKM dan Konsumer Bank Rakyat Indonesia, Kamis (18/05/2017) di Rumah Kreatif BUMN, Malang.

Ada sekitar 122 tenant dari mitra UMKM BRI, mulai dari usaha fashion, F&B, industri kreatif hingga 500 an Pedagang Kaki Lima yang dilibatkan. Parade UMKM BRI di Malang akan dilaksanakan di area luar Stadion Gajayana Malang.

Ratusan mitra BRI berpartisipasi dalam Parade UMKM BRI di Malang, 19 - 21 Mei 2017. (Foto: W.Arief/Halomalang)

"Pelaku UMKM perlu naik kelas. Kita bantu pemberdayaannya, tingkatkan kapasitasnya. Aspek packaging juga distribusi. Dan tentu saja karena sekarang eranya digital, di E-Commersnya," sambung Supari.

Menurut Supari, dari 14 sektor UMKM mitra BRI, kebutuhan permodalan justru ada di peringkat ke-8. "Lebih ke bagaimana usaha mereka bisa diakses oleh pasar. Cara menjual dan kemasannya pun berbeda. Dan bagaimana untuk tumbuh. Kita mereka bawa, bagaimana 4-5 tahun ke depan bisnis mereka akan seperti apa. Pembayaran dengan tanpa uang tunai/cashless kami perkenalkan, termasuk industri logistik. Ini adalah bagian kecil edukasi kami,"

Di event yang digelar terbuka dan gratis ini, BRI juga membuka kerjasama dengan komunitas/UMKM yang belum tergabung dengan mereka Ngalamers. Data yang disampaikan Supari, ada 14 Juta UMKM mitra BRI di seluruh Indonesia. Dengan pembiayaan secara nasional sekitar Rp.270 Triliun lebih. Segementasi mulai dari yang belum 'bankable' seperti KUR, hingga Kupedes, usaha retail dan menengah. KUR yang disalurkan BRI 40% nya ke usaha produktif.

"Rumah Kreatif BUMN inilah tempatnya agar mereka (mitra UMKM) bisa naik kelas," pungkas Supari.

[WA]

comments powered by Disqus

BIOSKOP
DIENG

TRANSFORMERS: THE LAST KNIGHT    
11:30  12:00  14:30  15:00  20:00  20:30    


KOMENTAR

PARTNERS