Senin, 24 April 2017

BE PART OF US!

Bulan Film Nasional 2017, Rayakan di Malang Dengan Caramu!

Dipublish pada: Rabu, 22 Maret 2017

Pemutaran film di HoutenHand dari PFM 2016. (Dok: PFM)

Seperti yang sudah diketahui bersama, sejak 30 Maret 1950, telah ditetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Film Nasional. Momen itu bertepatan dengan hari pertama syuting film Doa dan Darah, yang menurut catatan sejarah dianggap sebagai film Indonesia pertama. Menjelang harinya, kini setiap tahun, bulan Maret diperingati sebagai Bulan Film Nasional.

Merayakan Bulan Film Nasional, banyak kegiatan yang digelar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Malang. Di kota dingin ini, sudah kedua kalinya diadakan Parade Film Malang (PFM) dengan rangkaian acara yang disusun sepanjang sebulan penuh. Di antaranya, ada pemutaran film dari kampung ke kampung, juga acara nonton bareng di Alun-alun kota.

Banyaknya kegiatan yang diselenggarakan pada Bulan Film Nasional ini, menjadi bentuk perayaan bagi film-film Indonesia yang sudah banyak diproduksi, baik itu secara mayor maupun independent.

Sudah sepatutnya, kita sebagai masyarakat Indonesia mengapresiasi hasil karya tersebut, dengan ikut menonton suguhan dari para pelaku industri film itu. Tak hanya menonton film saja, masih banyak kegiatan lain yang dilakukan di sepanjang Bulan Film Nasional.

Coaching Clinic Dokumenter di Kebonagung dari PFM 2016. (Dok: PFM)

Tahun ini, PFM pun telah merancang beberapa kegiatan, di antaranya seperti screening film di cafe-cafe dan pemukiman penduduk, sesi diskusi di akhir acara, workshop ke sekolah-sekolah menengah yang ada di kota dan kabupaten Malang serta Batu.

Menjalankan kegiatan seputar film selama sebulan penuh, tentunya PFM bergerak dengan banyak pendukung. Di 2017 ini, ada beberapa komunitas yang ikut bergabung seperti Lelakon, Gambaroba, Forum Animasi Malang (FAM), Lensa Mata, Mata-Mata Projek, Kineklub UMM, Nol Derajat, Societo Sineklub, AKBER, Kopi Manis UB, BloggerNgalam, Teater Ruang Karakter, Wlingiwood, juga Pelangi Sastra.

Diskusi Ekranisasi di Cafe Pustaka UM dari PFM 2016. (Dok: PFM)

Dalam momen ini, PFM membuka pintu selebar-lebarnya untuk pihak-pihak yang ingin ikut merayakan. Tercatat sudah ada beberapa cafe dan pemukiman penduduk yang akan menggelar screening, juga sekolahan yang akan didatangi tim PFM untuk berbagai workshop.Tak hanya itu saja, akan ada pula pertunjukan musik dengan membawakan soundtrack film.

Well, mari kita rayakan film, ikutlah berpartisipasi dengan caramu!

<PFM2017>

comments powered by Disqus

BIOSKOP
DIENG

FAST & FURIOUS 8    
12:45  13:15  15:30  16:00  18:15  18:45  21:00  21:30 


KOMENTAR

PARTNERS