Selasa, 24 Januari 2017

BE PART OF US!

Cuaca Tak Bersahabat, Pendaki [Masih] Dilarang ke Puncak Mahameru

Dipublish pada: Selasa, 04 November 2014

 

Aktivitas pendakian ke puncak Mahameru di Gunung Semeru hingga saat ini masih belum dibuka oleh pengelola Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS).

Ngalamers, selain aktivitas vulkanologi Semeru yang cukup tinggi, hembusan angin kencang yang kerap terjadi masih dinilai berbahaya bagi pendaki.

"Kami sudah rekomendasikan pendaki hanya sampai Pos Kalimati saja," kata Ayu Dewi Utari, Kepala BBTNBTS, Selasa (04/11) seperti dikutip dari bantenx.com

"Di musim peralihan ini, kondisi cuaca Semeru membahayakan pendaki, karena angin sangat kencang di atas," ungkapnya.

Meninggalnya seorang pendaki bernama Achmad Fauzy, Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta asal Aceh pada Senin (03/11) juga disebabkan badai kering dan angin kencang yang membuat tebing longsor. (Baca: Mahasiswa UGM Asal Aceh Meninggal di Gunung Semeru)

Achmad Fauzy (30) meninggal dunia di kawasan Watu Gede dengan kondisi kepala terluka saat pendakian ke puncak Mahameru.

"Achmad melakukan pendakian dengan lima pendaki sesama mahasiswa UGM, yang tiga cuma sampai Kalimati, sedangkan korban dan dua temannya nekat meneruskan pendakian ke Mahameru,"  jelas Ayu..

Saat tiba di kawasan Watu Gede, angin berhembus kencang dan terjadi badai kering hingga terjadi longsoran batu. "Akibat badai itu terjadi longsoran batu dan menimpa kepala korban, korban terguling ke bawa dan dari hidungnya keluar darah. Korban sempat ditolong temannya tapi nyawanya tak terselamatkan," tuturnya.

Menurut Ayu, korban dan rombongannya izin mendaki di Pos Ranu Pani pada Minggu (02/11)  sekitar pukul 14.00 WIB dengan tujuan Kalimati. Baru pada pukul 17.00 WIB, rombongan berangkat dari Ranu Pani menuju Ranu Kumbolo.

"Mereka salah mengambil waktu pendakian, seharusnya itu waktunya untuk turun tapi ketiganya malah tetap naik," pungkasnya.

Siang tadi jenazah Achmad Fauzy telah berhasil dievakuasi tim SAR gabungan, dan kini masih berada di ruang jenazah RSSA Malang.

Sumber: bantenx
Foto Ilustrasi: halomalang

comments powered by Disqus

BIOSKOP
DIENG

XXX: RETURN OF XANDER CAGE    
12:30  14:40  16:50  19:00  21:10
    
THE WARRIORS GATE    
12:00  14:15  16:30  18:45  21:00    


KOMENTAR

PARTNERS