Senin, 26 Juni 2017

BE PART OF US!

Duo Elektronik Filastine Rilis 'Los Chatarreros', Episode Terakhir Serial Abandon

Dipublish pada: Rabu, 22 Maret 2017

Chatarreros Frame (Dok:Filastine)

Bertajuk 'Los Chatarreros', menyoroti kehidupan pemulung logam bekas dan besi tua yang bekerja setiap malam hingga fajar menyingsing.

Setelah merilis tiga karya audio-visual – “The Miner” (Maret 2016), “The Cleaner” (Mei 2016), dan “The Salarymen” (Oktober 2016) – kali ini Filastine kembali merilis singel terbarunya yang bertajuk “Los Chatarreros” sebagai episode keempat dari proyek serial Abandon. Singel “Los Chatarreros” resmi dirilis mulai tanggal 28 Februari 2017 melalui kanal resmi Filastine di YouTube, Bandcamp, dan Soundcloud.

Los Chatarerros adalah istilah bagi para pemulung besi tua yang hampir setiap malam menyisir sudut-sudut jalan di kota Barcelona, Spanyol. Dengan berbekal troli usang, mereka berjalan memburu rongsokan logam bekas, besi tua, hingga sampah-sampah perangkat keras yang teronggok di tempat umum. Kegiatan memulung tersebut kebanyakan dilakoni oleh para imigran gelap yang sebagian besar datang dari Afrika tanpa dokumen resmi.

“Orang-orang [pemulung] seperti itu sebenarnya tersebar di mana-mana, namun seperti tak terlihat mata. Kehadiran mereka juga terbilang sangat aneh untuk citra Barcelona yang sering dicap sebagai kota yang trendi dan berbudaya,” ungkap Grey Filastine yang sudah bertahun-tahun tinggal di kota Barcelona.

Video “Los Chatarreros” menyorot perjalanan seorang pemulung besi tua yang berjalan sepanjang malam dengan trolinya. Pekerjaannya itu baru berakhir di kala fajar menyingsing, ketika pria itu bergabung dengan para pemulung lainnya di sebuah kios besi tua untuk antri menjual hasil 'panen'-nya.

Duo Elektronik 'Filastine' Nova Ruth & Grey Filastine (Dok: Julietaferoz)

Dalam proses produksi video "Los Chatarerros”, Filastine menampilkan penari utama Dougie Knight, yang dibantu oleh Celine Pimentel sebagai koreografer. Sebagai pemeran pendukung diajak juga Mamadou Barri, Christian Kabeya, Diego Solaque, dan Alan Gonzalez. Video ini dikerjakan Xavier Artigas dari Metromuster, dengan dukungan syuting udara oleh Mitra Azar.

Filastine merupakan duo peramu multimedia lintas negara yang terdiri dari composer/director Grey Filastine (Amerika Serikat) dan vocalist/designer Nova Ruth (Malang/Indonesia) yang saat ini sedang bermukim di Barcelona, Spanyol. Komposisi musik Filastine kerap memadukan irama elektronik yang kontemporer dengan bebunyian organik dari instrumen perkusi dan akustik.

Majalah Spin sempat menyebut musik Filastine layaknya "bass music for crumbling urban futures.” Sementara situs Pitchfork menganggap “Filastine sound less like world music and more like music from another world."

Abandon merupakan serial video musik yang mengambil satu tema utama yaitu tarian pembebasan dari kelas pekerja atau buruh yang tertindas (dances of liberation from degrading work). Setiap videonya menggambarkan tarian katarsis yang unik, yang direkam dari beberapa lokasi, sebagai metafora dan simbol protes atas kehidupan profesi yang kerap menihilkan rasa kemanusiaan.

Chatarreros Frame. (Dok: Severine Sajous)

Proyek serial Abandon ibarat kolaborasi seni musik, video, dan film dokumenter yang mengeksplorasi bagaimana manusia rela menjual waktunya di bumi. Di setiap serinya, Filastine menyajikan profil pemberontakan para buruh bernilai rendah dalam konsep visual yang unik – mulai dari sosok pekerja tambang di Indonesia, petugas kebersihan di Portugis, karyawan kantor di Amerika Serikat, sampai pemulung logam bekas di Spanyol.

Dengan dirilisnya “Los Chatarreros” sebagai bagian keempat ini sekaligus menutup proyek serial Abandon yang sudah dikerjakan Filastine sejak awal tahun 2016 silam. Keempat singel yang terangkum dalam serial Abandon, ditambah dengan beberapa komposisi anyar lainnya, bakal menjadi materi album Filastine bertajuk Drapetomania.

Menurut rencana, album Drapetomania akan dirilis pada bulan April 2017 dalam format piringan hitam, CD, serta versi digital. Kemudian, mulai bulan Mei 2017, Filastine akan melakoni tur dalam rangka promosi album ke sejumlah negara seperti Spanyol, Perancis, Inggris, Tunisia, hingga Italia.

<flstn/sldrck>

comments powered by Disqus

BIOSKOP
DIENG

TRANSFORMERS: THE LAST KNIGHT    
11:30  12:00  14:30  15:00  20:00  20:30    


KOMENTAR

PARTNERS