Selasa, 28 Februari 2017

BE PART OF US!

Harga Cabai Tembus Rp 105.000 Per Kilogram

Dipublish pada: Jumat, 06 Januari 2017

Harga cabai di Kota Malang makin meroket. Dalam dua hari terakhir, harga komoditi tersebut semakin tak terkendali. Di Pasar Besar Kota Malang, harga cabai rawit tanpa tangkai menembus Rp 105 ribu per kilogram, Ngalamers.

Agus Salam, salah satu pedagang cabai, mengatakan, harga cabai selalu naik dalam tiga hari terakhir. Nilai kenaikkannya per hari rata-rata Rp 5 ribu per kilogram per hari.

Selain cabai rawit tanpa tangkai, harga cabai rawit lain juga merangkak tajam. Harga cabai rawit biasa antara Rp 92 ribu hingga Rp 95 ribu per kilogram.

Selisih harga tersebut bergantung pada kualitasnya. Sementara cabai rawit hijau lalapan harganya antara Rp 55 ribu hingga Rp 60 ribu per kilogram. Sementara harga cabai merah besar masih stagnan Rp 24 ribu per kilogram. "Kualitasnya juga agak jelek," katanya.

Kualitas cabai itu terlihat dari pasokan di tengkulak. Selama ini, Agus menyetok cabai dari Pasar Induk Gadang. Ia mencontohkan, per 10 kilogram cabai yang dibeli, hanya sekitar 8 kilogram yang kualitasnya bagus. Sisanya rusak karena hama dan masalah lain.

Biasanya, hanya sekitar 1 kilogram dari 10 kilogram cabai hasil kulakan yang kualitasnya agak jelek. Menurutnya, harga cabai yang kian mahal tersebut dipengaruhi karena menipisnya pasokan dan turunnya kualitas cabai.

Akibat harga mahal, banyak orang mengurangi pembelian cabai. Agus bilang, beberapa langganannya sudah mulai mengurangi pembelian cabai hingga sepertiga. Pembeli cabai mayoritas adalah para pemilik warung makan. "Kalau rumah tangga sekarang banyak yang nggak beli," sebut dia.

Harga cabai saat ini, menurut Agus, adalah yang tertinggi dalam setahun terakhir. Pernyataan Agus dibenarkan pedagang lain, Wiwit. Menurutnya, harga cabai dalam tiga hari terakhir memang melonjak tajam. Akibatnya, daya beli warga akan lombok berkurang.

Berbeda dengan Agus yang menjual berbagai macam cabai, Wiwit hanya menjual cabai rawit bertangkai. Ia menjual seharga antara Rp 85 ribu hingga Rp 90 ribu per kilogram, Ngalamers.

Sumber : Tribunnews

comments powered by Disqus

BIOSKOP
DIENG

RINGS    
12:15  14:25  16:35  18:45  21:00
    
SPLIT    
13:00  15:30
    
JOHN WICK: CHAPTER 2    
18:00  20:30 


KOMENTAR

PARTNERS