Rabu, 18 Januari 2017

BE PART OF US!

Untuk Game, Belajar Langsung ke Padepokan Mangun Dharma

Dipublish pada: Selasa, 10 Januari 2017

Tugas akhir. 'Cula Adventures' aplikasi game karya Novia Cahya, mahasiswi semeseter VII Desain Grafis D4 Vokasi Universitas Brawijaya yang dipamerkan di Midfest UB 2017. Jumat. 06/01/2017. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Ada banyak karya yang dipajang dalam puluhan bilik kecil di GOR Pertamina UB, 06 - 07 Januari 2017. Rupa-rupa nirmana, instalasi origami, kursi unik dari kayu pinus, desain produk makanan, hingga permainan berbasis smartphone.

Ini adalah event Midfest UB 2017. Pameran Tugas Akhir dan karya mahasiswa Desain Universitas Brawijaya yang rutin digelar tiap tengah semester (ganjil). Tema Level Up (naik tingkat) memang diidentikkan dengan sebuah game. Kemampuan yang meningkat -tentu saja ditujukan pada mahasiswa desain/desainer- akan diiringi tingkat kesulitan yang bertambah. Berkutat dengan idealisme, ada satu hal yang tak boleh dilupakan anak muda kreatif ini: kemanfaatan bagi kehidupan.

Selain pameran. Midfest juga menggelar talkshow & workshop desain grafis. Jumat. 06/01/2017. (Foto: W.Arief/Halomalang)

"Cula ini adalah salah satu ciri khas dari Topeng Malangan. Lainnya adalah Sinom dan Urna. Cula berarti penguasa alam dan manusia. Di Cula Adventure, misinya adalah menguasai tiap level," ujar Novia Cahya, mahasiswi semeseter VII Desain Grafis D4, Vokasi Universitas Brawijaya kepada halomalang, Jumat (06/01/2017).

Sambil menunjukkan cara kerja aplikasi game berbasis android di tablet yang disediakan untuk pengunjung, Novia memang ingin mengangkat Topeng Malangan sebagai tema tugas akhirnya tersebut.

Thousand Bird. Instalasi karya Danar Noor dkk yang melambangkan kesejahteraan, kebaikan, serta keberuntungan. Jumat. 06/01/2017. (Foto: W.Arief/Halomalang)

"Ada lima topeng. Warnanya beda-beda. Masing-masing punya filosofi sendiri. Contohnya hitam yang mewakili kebijaksanaan dan disimbolkan tanah. Nanti karakternya memiliki kekuatan tanah," imbuhnya. "Ketika finish, achievementnya topeng. Misinya menyelamatkan topeng. Tapi game ini masih belum sempurna,"

Menurut Novia, game ciptaannnya bersama mahasiswa Informatika UB ini secara umum bercerita tentang Topeng Malangan yang dicuri oleh sekelompok suku bertopeng. Misi utama user adalah merebut kembali tiap topeng yang dicuri.

'Pohon Beringin' warna-warni dari pipa. Salah satu karya instalasi yang dipajang di Midfest UB. Jumat. 06/01/2017. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Pengetahuan tentang Topeng Malangan ia dapat dari belajar langsung ke Padepokan Mangun Dharma, Tumpang yang dipimpin Ki Sholeh Adhi Pramono.

Sebelumnya Ngalamers, Novia juga pernah membuat game bertema Topeng Malangan ketika semester V. "Bentuknya puzzle. Seperti Candy Crush, tapi peminatnya sedikit. Terlalu flat, kurang challengenya. Akhirnya ganti genre," pungkasnya.

Midfest adalah event tahunan mahasiswa Desain Vokasi UB di tengah semester (ganjil), sebelum pameran besar Madfest. Jumat. 06/01/2017. (Foto: W.Arief/Halomalang)

[WA]

comments powered by Disqus

BIOSKOP
DIENG

ARRIVAL    
12:00  14:20
    
THE GREAT WALL    
16:40  18:50
    
LIVE BY NIGHT    
21:00
    
PATRIOTS DAY    
12:45  15:25  18:05  20:45    


KOMENTAR

PARTNERS