Minggu, 22 Januari 2017

BE PART OF US!

Pantai Sendiki

Dipublish pada: Rabu, 14 Januari 2015


"Tak perlu jauh-jauh ke luar kota atau bahkan ke luar Jawa. Malang Selatan sudah dikaruniai puluhan pantai cantik dengan berbagai karakter." kata seorang kawan pelaku usaha wisata kepada halomalang beberapa bulan lalu.

Kalimat di atas terus mengusik rasa keingintahuan kami, untuk setidaknya mulai mengunjungi satu dari puluhan 'pantai terasing' yang diceritakan.

Namun, apakah benar-benar terasing atau perawan?

Perjalanan halomalang diawali dengan menyusuri Kabupaten Malang, tepatnya di Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), kurang lebih berjarak 60 km dari Kota Malang.

Pantai Sendiki, Desa Tambakrejo, di Kecamatan Sumawe. 100 meter dari bibir pantai adalah lokasi terakhir yang nyaman untuk parkir kendaraan. Di sebuah lokasi sedikit datar tak lebih dari 10 meter persegi. Hanya untuk roda 2, Ngalamers. Dari tempat ini birunya sebagian ujung pantai sudah terlihat, termasuk suara ombak khas pantai selatan yang teredam gugusan karang dan pasir.

Jika berharap lebih aman, pengunjung harus parkir di tepian pantai, namun dengan catatan, harus menuruni bukit curam yang ketika musim hujan sangat licin karena tanah berlumpur.

Sebuah pohon besar dengan ayunan dari balok kayu yang menggantung di atas pasir tebal bersih akan menyambut Ngalamers. Beberapa onggok balok kayu maupun buah kelapa juga membuat warna pasir semakin kontras.

Dari dalam gundukan kecil yang menutup lubang pasir, sesekali muncul kepiting pucat yang seperti biasanya-kawanan lain dengan malu-malu mengikuti sang pendahulu untuk berjemur.

Di kejauhan nampak dua gugusan pulau karang begitu terasing di antaranya birunya air laut. Mirip sebuah teluk, luasnya hamparan Pantai Sendiki dikelilingi oleh sabuk hijau vegetasi pepohonan yang masih cukup terjaga, baik dari segi kepadatan maupun ukuran tumbuhannya Ngalamers.

Berjalan menyusuri bibir pantai, jangan harap akan menemui bentuk pasir yang selalu landai seperti di pantai-pantai lain. Gundukan pasir yang terbentuk akibat dorongan ombak cembung yang terus menerus-seperti tertulis sebelumnya, pantai ini mirip sebuah teluk.

Tak hanya suasana sangat sepi, pasir putih dan hijaunya pepohonan, Pantai Sendiki ternyata memiliki karang unik berbentuk mirip batu besar yang sering kita temui di sungai-sungai di pegunungan.

Bukan karang-karang berbentuk keju berlubang yang tajam. Di sisi selatan, pemandangan seperti ini membentang sebatas pandang. Menjadikan Sendiki pantai dengan 2 wajah.

Birunya horizon di laut selatan akan terhalang Pulau Sempu, mirip tembok raksasa yang seolah masih menjadi bagian Pantai Sendiki.

Pantai Sendiki masih berada satu rangkaian dengan Pantai Tamban, serta Pantai Sendang Biru dengan pelabuhan ikannya yang populer. Untuk mencapai Pantai Sendiki, Ngalamers pasti akan melewati gerbang masuk kawasan Desa Wisata Tamban, di Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Setibanya di pertigaan pos kamling ujung desa, ambil jalan ke kiri arah Sendiki (kanan arah Tamban). 50 meter jalan aspal setelah melewati jembatan besar, ambil jalan tanah arah kanan di pertigaan. Dari sini kehandalan bersepeda motor pengunjung akan diuji.

Sekitar 1 kilometer melewati jalan persawahan hingga naik turun bukit kecil berbatu. Tak perlu khawatir, pemandangan elok pedesaan dengan pepohonan kelapa yang berjajar rapat serta seyum warga setempat akan menemani perjalanan kalian. Selamat berlibur, Ngalamers. [WA]

FOTO-FOTO: Pantai Sendiki

LOKASI: Pantai Sendiki

Alamat:
Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang

comments powered by Disqus

BIOSKOP
DIENG

XXX: RETURN OF XANDER CAGE    
12:30  14:40  16:50  19:00  21:10
    
LA LA LAND    
13:15  15:45  18:15  20:45    


KOMENTAR

PARTNERS