Thursday, 24 August 2017
halomalang.com

Berkawan Komunitas, Pulang Untuk Bangun Ruang Literasi di Kampung Halaman

30-Jun-2017 [13:00]
"Anak-anak adalah senjata penting untuk perubahan,"

Swadaya. Gubuk Baca Bekyad mulai dikerjakan sejak Minggu pagi, 16/10/2016. Karang Taruna Dusun Premban berperan penting dalam proses pembangunan ini. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Sekelompok anak muda dari beragam latar komunitas tengah bahu-membahu mewujudkan sebuah taman baca, tak jauh dari perbatasan Kota Malang. Tepatnya di Dusun Premban - Sumberkradenan, Kec. Pakis, Kab. Malang. Salah satu tujuannya adalah: meningkatkan kualitas hidup.

Salah satu motornya adalah Andi 'Kodok' Hardiansyah, salah satu pegiat sosial bidang literasi yang tengah mewujudkan gubuk baca kecil bernama Bekyad di depan rumahnya. Andi adalah mahasiswa semester awal Jurusan Agribisnis, Universitas Islam Malang.

"Seperti namanya Bekyad (backyard; Ing). Ini adalah bagian pemanfaatan area rumah untuk sesuatu yang efektif. Salah satunya taman baca," ujarnya kepada halomalang seusai resik-resik sungai tak jauh dari Bekyad, Minggu (16/10/2016).

Andi Kodok (paling kiri) bersama pemuda Karang Taruna Premban membangun gubuk baca di depan rumahnya. Minggu, 16/10/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Untuk pengerjaan, ada banyak swadaya Ngalamers, mulai dari Karang Taruna Premban, Pegiat di Gubuk Baca Lentera Negeri, Ikapala Tumpang, rekan mahasiswa, juga Pelangi Singosari.

Bekyad nantinya tak sekadar perpustakaan, tapi juga pusat kegiatan warga sekitar untuk berdiskusi, workshop rutin, pentas seni, dan pendidikan lingkungan. Di sini Andi memiliki fokus, yakni pentingnya edukasi anak-anak sejak dini melalui kegiatan literasi.

Education Development Center (EDC) menyatakan, literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis Ngalamers. Literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi, skill yang dimiliki dalam hidupnya. Literasi mencakup kemampuan membaca kata dan membaca dunia.

Reresik Kali bersama anak-anak Dusun Premban. Event ini sebagai persiapan Trash Boat Race yang akan digelar pada 23 Oktober di sungai yang tak jauh dari gubuk baca. Minggu, 16/10/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

"Anak-anak adalah senjata penting untuk perubahan," imbuhnya. Bekyad menurut Andi adalah pergerakan non-profit yang berlatar belakang masalah pendidikan-lingkungan-budaya.

Berikut beberapa kesibukan Andi dkk, selama membangun Bekyad:

Rumah Andi tepat berada di samping perempatan Dusun Premban, ada sebuah pos kamling di sebelahnya. Andi dkk juga berencana menyediakan etalase buku di pos tersebut agar bermanfaat. Minggu, 16/10/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Peresmian Gubuk Baca Bekyad dilakukan pada 23 Oktober mendatang, namun BekyadFest, kemasan event yang mereka buat juga diawali dengan workshop membuat sabun mandi oleh mahasiswa UIN Maliki Malang pada 08 Oktober. Kelas kecil ini diikuti oleh anak-anak setempat Ngalamers.

"Karena salah satu tujuan kita adalah mengembalikan fungsi sungai, kita bikin sabun yang ramah lingkungan. Tujuannya agar adik-adik mengerti," kata Andi. Sungai adalah kebutuhan vital bagi warga Premban. Kegiatan mandi, mencuci mereka lalukan di sungai. Masih terbilang bersih dengan debit air konstan. Sabun hasil workshop diharapkan tidak akan mencemari ekosistem air ketika mereka gunakan.

Bagi anak-anak setempat, sungai, selain sebagai tempat membersihkan diri juga merupakan arena bermain. Minggu, 16/10/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Beberapa pekan sebelumnya, para akademisi dari Universitas Ma Chung juga datang untuk berbagi ilmu tentang pembuatan pupuk organik. Jejaring dengan beragam komunitas di Malang Raya dijalin dengan bagus. "Keahliannya apa ya bantunya di situ. Yang bisa seni, bantunya di kesenian,"

Andi merupakan salah satu pegiat di Gubuk Baca Lentera Negeri (GBLN) yang berada di Sukolilo Kec. Jabung. Pengalamannya selama 2 tahun bergerak di bidang literasi membuatnya tak sabar ingin mendirikan sebuah perpustakaan di rumahnya sendiri. Saat ini ada sekitar 10 taman baca (termasuk Bekyad) yang merupakan bagian dari GBLN di Malang Raya. Andi menambahkan, "Kita ingin menginspirasi dan bantu teman-teman lokal untuk bikin taman baca,"

Di GBLN ada peraturan tertulis bagi para pegiatnya, siapapun yang ilmunya cukup atau bisa, harus memulai di tempat tinggalnya masing-masing. "Saya ikut bikin GBLN karena awal-awalnya keinginan untuk pulang. Tapi gagal pulang. Dua tahun keluyuran (bergerak)," ujarnya tertawa.

Pulang. Dua tahun bergerak di GBLN, Andi mantap mendirikan perpustakaan di depan rumahnya. Minggu, 16/10/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Andi ingat project pertama GBLN pada 2014, yakni di sebuah MI yang berada di Gunung Kunci, Kecamatan Jabung. MI tersebut hanya memiliki enam ruangan yang dibagi untuk kelas TK, ruang Guru, dan sisanya digunakan siswa kelas 1 - 4 bergantian. "Kelas 5 berada di Gubuk. Kelas 6 nunut di rumah warga. Dari situlah inspirasi ikon kami (gubuk) di GBLN. Kita bantu mengajar seminggu 3 kali,".

Dan yang membuatnya sedikit kaget adalah, lulusan MI tersebut (kelas 6) paling muda berusia 15 tahun. Usia 16 - 17 lebih banyak. Usia tersebut seharusnya sudah masuk SMA. "Waktu itu ada 9 cewek, 1 cowok. Setelah lulus yang cewek kebanyakan tinggal di rumah, rata-rata menunggu dinikahkan. Yang cowok akhirnya jadi buruh," ingat Andi.

Wilayah Dusun Premban, Sumberkradenan berada tak jauh dari kota. Di tingkat ekonomi, kata Andi, warga banyak yang mampu. Anak-anak semuanya bersekolah.

"Tapi banyak kejadian putus sekolah, Kelas 2 SMA selesai. Beberapa masih menikah muda (di bawah umur). Yang sudah lulus banyak kerja di luar kota, tapi ya karena tingkat pendidikannya nggak tinggi, yang didapat ya pekerjaan seadanya," hal itulah yang semakin membuat tekadnya kuat untuk berbagi wawasan dengan anak-anak muda. Untuk meningkatkan taraf hidup, dimulai dari cara berpikir dan menambah pengetahuan.

Resik Sungai yang diikuti sejumlah rekan mahasiswa. Minggu, 16/10/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Andi menepis anggapan bahwa minat baca orang Indonesia rendah. Aktivitasnya di perpustakaan keliling Angon Buku Ngasuh Ilmu banyak menemukan anak-anak yang sangat antusias membaca. "Banyak mereka yang kuat membaca lama. Cap rendah minat baca karena akses untuk buku memang sangat minim. Mau beli ke kota jauh, harganya kadang mahal. Akses buku kebanyakan hanya buku pelajaran yang kaku itu. Ini terjadi di banyak tempat," tegasnya.

Berdasarkan pengalaman, menurutnya orang yang mampu atau kuat membaca 2 jam atau lebih, rata-rata memiliki minat baca yang serius.

Perpustakaan kelilingnya menjangkau kampung-kampung yang belum memiliki taman baca. Di Bekyad, Andi dkk akan menyiapkan banyak jenis seperti: bacaan ringan, sains modern, dongeng, hingga novel.

Sungai adalah bagian penting dari kehidupan warga Premban. Minggu, 16/10/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Untuk bahan bacaan digital (e-book) yang memerlukan teknologi tambahan seperti ponsel, atau laptop, Andi menyebut bagus. Hanya kebanyakan anak-anak sekarang masih belum siap. Karena beragam hal, terutama lemahnya pengawasan orang terdekat.

"Masih terlalu banyak penyalahgunaan. Salah satu tujuan kita di sini adalah mengalihkan anak-anak dari kegemaran gadget berlebih. Kita bikin permainan tradisional, workshop, mandi di sungai dan lain-lain,"

Ajari anak-anak untuk mencintai lingkungan. Minggu, 16/10/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Edukasi lingkungan yang menjadi salah satu materi di Bekyad sengaja tertuju pada anak-anak.

"Ini paling urgent. Nantinya mereka yang akan meneruskan, menjaga. Kalau dari bibitnya sudah buruk, selanjutnya akan lebih buruk. Yang sudah dewasa sekarang biarlah. Kita potong mata rantainya di sini," pungkas Andi.

Saat ini, di Bekyad baru tersedia sekitar 300 buku. Bagi Ngalamers yang ingin berdonasi buku, atau bantuan lain bisa menghubungi @bekyad atau bekyad ID.

[WA]


PROMO KULINER HARI INI

Monster Pizza by Harris Hotel Malang
Pizza dengan diameter hampir 1 meter dan 1 pitcher cordial juice seharga Rp. 398.000/pan.
Monster Pizza by Harris Hotel Malang
Pizza dengan diameter hampir 1 meter dan 1 pitcher cordial juice seharga Rp. 398.000/pan.

Monster Pizza by Harris Hotel Malang
Pizza dengan diameter hampir 1 meter dan 1 pitcher cordial juice seharga Rp. 398...

Promo Tumpeng Kuning Kertasari
Rumah Makan Kerta Sari memberikan promo spesial untuk pemesanan Tumpeng Nasi Kuning untuk 5 sampai 50 orang.
Promo Tumpeng Kuning Kertasari
Rumah Makan Kerta Sari memberikan promo spesial untuk pemesanan Tumpeng Nasi Kuning untuk 5 sampai 50 orang.

Promo Tumpeng Kuning Kertasari
Rumah Makan Kerta Sari memberikan promo spesial untuk pemesanan Tumpeng Nasi Kun...

Papertown New Menu Promo
Rasain sensasi Hot n Spicynya Taiwanese Chicken Crispy Hot Chilli yang cuma ada di Papertown
Papertown New Menu Promo
Rasain sensasi Hot n Spicynya Taiwanese Chicken Crispy Hot Chilli yang cuma ada di Papertown

Papertown New Menu Promo
Rasain sensasi Hot n Spicynya Taiwanese Chicken Crispy Hot Chilli yang cuma ada...

Diskon Sesuai Umur Semua Varian Pizza
Diskon sesuai umur pada seluruh varian Pizza Goodies untuk siapapun yang berulangtahun pada tanggal 17 Agustus
Diskon Sesuai Umur Semua Varian Pizza
Diskon sesuai umur pada seluruh varian Pizza Goodies untuk siapapun yang berulangtahun pada tanggal 17 Agustus

Diskon Sesuai Umur Semua Varian Pizza
Diskon sesuai umur pada seluruh varian Pizza Goodies untuk siapapun yang berulan...

Promo Bernardi Bakso Beli 2 Gratis 1
Bernardi Bakso Sapi Keju 500gr beli 2 gratis 1
Promo Bernardi Bakso Beli 2 Gratis 1
Bernardi Bakso Sapi Keju 500gr beli 2 gratis 1

Promo Bernardi Bakso Beli 2 Gratis 1
Bernardi Bakso Sapi Keju 500gr beli 2 gratis 1


PROMO LIFESTYLE HARI INI

Tour Murah Bromo dari @Bacpacktourid
Private trip setiap hari ke Bromo 1.500.000/jeep untuk 6 orang
Tour Murah Bromo dari @Bacpacktourid
Private trip setiap hari ke Bromo 1.500.000/jeep untuk 6 orang

Tour Murah Bromo dari @Bacpacktourid
Private trip setiap hari ke Bromo 1.500.000/jeep untuk 6 orang

Diskon Spesial 10% Dari Kidzo.id
Sewa mainan anak di Malang diskon 10% untuk setiap penyewa.
Diskon Spesial 10% Dari Kidzo.id
Sewa mainan anak di Malang diskon 10% untuk setiap penyewa.

Diskon Spesial 10% Dari Kidzo.id
Sewa mainan anak di Malang diskon 10% untuk setiap penyewa.

Independence Day Best Deals
Dapatkan harga spesial yaitu Rp. 250.000 untuk perawatan wajah dan tubuh dari Glow+ Aesthetic Clinic
Independence Day Best Deals
Dapatkan harga spesial yaitu Rp. 250.000 untuk perawatan wajah dan tubuh dari Glow+ Aesthetic Clinic

Independence Day Best Deals
Dapatkan harga spesial yaitu Rp. 250.000 untuk perawatan wajah dan tubuh dari Gl...

Discount 17% All Service
Dapatkan diskon 17% untuk semua servis
Discount 17% All Service
Dapatkan diskon 17% untuk semua servis

Discount 17% All Service
Dapatkan diskon 17% untuk semua servis

Limited Promo By Pullman Executive Barbershop
Get special price until the end of August
Limited Promo By Pullman Executive Barbershop
Get special price until the end of August

Limited Promo By Pullman Executive Barbershop
Get special price until the end of August

Soft Opening Promo
Get discount 20% off and free member card during soft opening
Soft Opening Promo
Get discount 20% off and free member card during soft opening

Soft Opening Promo
Get discount 20% off and free member card during soft opening

Promo Harga Perjuangan
Promo Harga Perjuangan hanya di Bess Resort & Waterpark Lawang, Malang
Promo Harga Perjuangan
Promo Harga Perjuangan hanya di Bess Resort & Waterpark Lawang, Malang

Promo Harga Perjuangan
Promo Harga Perjuangan hanya di Bess Resort & Waterpark Lawang, Malang

Paket Merah Putih
Dapatkan paket spesial hanya Rp. 525.000,- nett
Paket Merah Putih
Dapatkan paket spesial hanya Rp. 525.000,- nett

Paket Merah Putih
Dapatkan paket spesial hanya Rp. 525.000,- nett

Paket Merdeka
Promo khusus hanya IDR 635.250
Paket Merdeka
Promo khusus hanya IDR 635.250

Paket Merdeka
Promo khusus hanya IDR 635.250


BACA JUGA