halomalang.com

Pelaku Pencurian Emas Belajar Hipnotis Selama 15 Tahun

29-Feb-2012 [13:00]

Pelaku pencurian emas

Akhirnya pelaku pencurian emas di toko emas Bulan Purnama, Matos berhasil dibekuk pihak Kepolisian. Pelaku yang bernama Faisol (25) adalah warga asal Sumenep, Pulau Madura yang berhasil mencuri emas sebanyak 6 kg atau setara 3,1 miliar pada Senin (20/2) kemaren. Dalam melakukan aksinya ternyata pelaku menyalahgunakan ilmu hipnotis yang telah dipelajarinya selama 15 tahun.

"Saya belajar ilmu itu dari seorang teman di Madura. setelah selesai belajar, langsung dipakai untuk mencuri emas itu. Karena kalau saya lihat, yang paling mudah mencuri emas yang berpura-pura jadi pembeli," kata Faisol seperti dikutip dari Kompas.

Alasan pelaku dalam melakukan aksinya adalah karena ia butuh uang untuk membiayai orangtuanya yang sedang sakit di Madura dan juga untuk kebutuhan hidup. Meskipun begitu tetap saja pencurian dengan alasan apapun tidak dapat dibenarkan.

Faisol berhasil ditangkap di depan RSI Malang pada Jumat (24/2) dini hari. Sebelumnya pelaku sudah berhasil menjual satu batang emas batangan yang dicurinya di Sidoarjo. Kemudian pelaku kabur ke Jakarta untuk membeli mobil merk Honda Odissey seharga Rp. 325 juta. Sisa emas batangan yang belum terjual disimpan di rumah pelaku di Sumenep.

Atas perbuatannya ini polisi menjerat Faisol dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Jika terbukti bersalah maka pelaku bisa dikenai hukuman penjara maksimal 7 tahun.

Kapolresta Malang, AKBP Teddy Menahasa Putra, menghimbau para pemilik toko agar memperkuat penjagaan atau pengamanan di sekitar toko supaya kejadian seperti ini tidak terulang kembali.



BACA JUGA