halomalang.com

Hama Tikus Menyerang, Ratusan Hektar Sawah di Malang Rusak!

01-Mar-2012 [00:00]

Ratusan hektar sawah bertanamkan padi milik para petani Kabupaten Malang diserang hama tikus sejak pertengahan bulan Februari kemarin. Kawanan tikus tersebut menyerang batang dan tunas padi hingga ludes. Melihat kondisi tersebut, para petani terancam gagal panen.

para petani padi Kabupaten Malang terancam gagal panen

Seorang petani pemilik sawah, Bapak Endik Sugeng Teguh (34) mengatakan,"Sampai saat ini sudah separuh lahan saya rusak dan jelas akan gagal panen." Fakta tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Distanbun Kabupaten Malang, Bapak Purwanto yang menyebutkan bahwa memang ada serangan hama tikus ke sawah petani di Kabupaten Malang. "Sudah ada ratusan hektar lahan sawah di Kabupaten Malang yang diserang. Serangan hama tikus ini sudah sejak sebulan terakhir." Lebih lanjut lagi beliau menambahkan, serangan hama tikus biasanya memang terjadi setiap tahun musim tanam. "Dengan serangan hama tikus itu, berakibat pada produktivitas panen padi akan anjlok. Anjoknya hingga tiga ton lebih," tuturnya.

Para petani mengeluh karena merasa sudah mulai kewalahan untuk membasmi hama tikus yang merusak sawahnya itu. Bahkan bibit padi pun juga diserang hama tikus. Hingga saat ini, hama tikus masih belum musnah. Namun jika dibadingkan dengan beberapa pekan lalu, intensitasnya sudah berkurang karena sudah diracun menggunakan obat kimia.

Bayangkan Ngalamers, bagaimana jadinya dengan harga pangan di pasaran nantinya jika para petani padi kita gagal panen?



BACA JUGA