halomalang.com

Ahli Transportasi: Pasar Tugu Harus Pindah Dari Semeru

20-Apr-2012 [00:00]

Pasar Tugu

Ternyata protes warga Semeru yang keberatan atas Pasar Tugu karena dinilai melanggar UU Lalu Lintas sama sekali tidak berlebihan. Kepala Pusat Studi Transportasi Universitas Widyagama Malang, Ir Aji Suraji MSc mengatakan bahwa jalan hanya berfungsi untuk lalu lintas. Karena itu tidak tepat jika dialih fungsikan, apalagi sebagai pasar.

“Kalau mau digunakan untuk pasar, tidak boleh di jalan raya. Apalagi Jalan Semeru merupakan jalan utama yang digunakan untuk lalu lintas angkutan kota dan  masyarakat luas,” jelas Aji.

Aji juga mengingatkan agar semua pihak harus memahahi UU tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang sudah jelas mengatur tentang fungsi jalan. UU tersebut sudah mengatur tentang tata cara penggunaan jalan selain untuk kegiatan lalu lintas. Dan pasar tidak termasuk dalam kriteria ini. Dengan demikian, Jalan Semeru telah salah difungsikan, yaitu fungsi sebagai jalan malah digunakan sebagai pasar.

Aji menyarankan supaya Pasar Tugu direlokasi supaya tidak menyalahi UU Lalu Lintas namun relokasi juga tidak boleh merugikan para pedagang.

Sumber: MalangPost



BACA JUGA