halomalang.com

Wisata Purbakala di Malang Sepi Peminat

09-Apr-2012 [12:00]

Wisata Purbakala di Malang Sepi Peminat

Sumber gambar: www.mediaindonesia.com

Obyek wisata sejarah di Kabupaten Malang nampaknya kurang diminati Ngalamers. Hal ini bisa dilihat dari sepinya pengunjung ke tempat wisata bersejarah saat libur panjang akhir pekan yang jatuh pada hari Jum'at hingga Minggu (06-08/4/2012) kemarin. Sebut saja salah satu contohnya yakni Wisata Purbakala Candi Singosari yang berada di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari dan Pemandian Wendit di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis pada Sabtu (07/4/2012) tidaklah seramai libur panjang sebelumnya.

Menurut keterangan Suwondo yang merupakan Juru Pelihara Candi Singosari, jumlah kunjungan sejak Jum'at (06/4/2012) hanya sekitar 40 orang. Padahal pada hari libur biasa saat Sabtu dan Minggu, jumlah kunjungan bisa mencapai 30-50 orang per hari. "Kemungkinan wisatawan lebih memilih mengunjungi wisata belanja di Kota Malang," tuturnya. Ia menjelaskan bahwa pada umumnya, pengunjung yang datang ke Candi Singosari pada umumnya hanya murid sekolah, mahasiswa dan beberapa wisatawan asing dari Belanda, Jerman dan Filipina. "Sejak Jum'at ada delapan wisatawan asing yang berkunjung," kata Suwondo. Padahal, obyek wisata purbakala di Singasari cukup menarik Ngalamers. Sebab, di sana Ngalamers bisa menikmati peninggalan Kerajaan Singasari seperti Candi Singosari, Candi Sumberawan, pintu gerbang kerajaan yang ditandai dengan arca Dwarapala, dan pemandian Watu Gedhe.

Di lain pihak, sepinya pengunjung juga terjadi di Pemandian Wendit. Fakta tersebut dibenarkan oleh Bendot selaku Koordinator Keamanan Wendit yang menyebutkan bahwa hanya terdapat sekitar 350 pengunjung saja yang datang pada Sabtu (07/4/2012). "Minimnya jumlah kunjungan karena pada Jumat justru ditutup," tegasnya. Ia menyayangkan kebijakan Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Malang yang menutup obyek wisata pada hari libur. "Padahal pada Jumat (06/4/2012) banyak wisatawan yang berkunjung. Sekitar 1.000 orang harus kembali dan membatalkan kunjungan lantaran tutup," katanya.

Sumber: www.mediaindonesia.com



BACA JUGA