halomalang.com

Keripik Tempe: Icon Kuliner Malangan

05-Jun-2012 [08:00]

Keripik Tempe: Icon Kuliner Malangan

Malang yang dikenal sebagai Kota Kuliner memang banyak memiliki aneka icon kuliner yang cukup dikenal masyarakat luas, salah satunya yakni keripik tempe. Di Malang, Ngalamers bisa menemukan sentra pengrajin keripik tempe Malangan (keripik tempe asli Kota Malang) di sepanjang Jalan Sanan. Di situlah banyak terdapat home industri yang menghasilkan makanan ringan keripik tempe khas Malang.

Berdasarkan informasi seperti dilansir dari WartaMalang, Senin (4/6/2012), ada beberapa alasan kenapa beberapa home industri di Sanan lebih memilih untuk memproduksi keripik tempe daripada keripik buah yang sama-sama menjadi icon kuliner Malang. Alasannya yakni karena tempe telah menjadi dominan utama bagi beberapa pengusaha kecil menengah dalam dunia pasar, Ngalamers. Pemasaran keripik tempe sendiri cukup mudah dengan dilakukan melalui beberapa jalur seperti via online dengan memanfaatkan jejaring sosial facebook atau forum-forum online lainnya. Bahkan yang memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut pun masih ada.

Keripik Tempe: Icon Kuliner Malangan

Ada tradisi unik yang biasa dilakukan oleh para pengusaha keripik tempe kampung Sanan. Tradisi yang dimaksud yakni membeli tempe dari sesama penghuni kampung Sanan. Hal itu dikarenakan para pengusaha tadi beranggapan bahwa kualitas atau mutu tempe yang dijual di Sanan sudah terjamin. "Mutu yang terjamin dan pembuatan yang masih tradisional, itu yang menjadi alasan kami membeli tempe disini" ujar salah satu pengusaha keripik tempe Malangan.

Disamping itu, kualitas keripik tempe di Sanan pun juga ditunjang dari proses pembuatannya yang masih dilakukan dengan cara tradisional, Ngalamers. "Pembuatan secara tradisional masih kami berlakukan, karena kami juga masih ingin menciptakan satu lapangan kerja untuk mengurangi angka pengangguran di kota Malang,” tutur Efendi, salah satu pengusaha tempe di Sanan. Ia menilai kalau cita rasa yang dihasilkan sendiri akan terasa berbeda dengan keripik tempe yang diproduksi menggunakan teknologi mesin terbaru.

Kalau Ngalamers kebetulan tengah berkunjung ke sentra tempe di Sanan, jangan lupa membeli beberapa keripik tempe sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kawan di rumah ya. Wink



BACA JUGA