halomalang.com

Pantai Abrasi, Pemkab Malang Terancam Kehilangan Objek Wisata

29-Jun-2012 [10:00]

Pantai Sendang Biru

Sumber gambar: ilovemalang.com

Sebelumnya telah dikabarkan bahwa abrasi tengah mengancam puluhan pantai di Kabupaten Malang. Kondisi tersebut nyatanya juga mengancam Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang bakal kehilangan sejumlah objek wisata pantai. Padahal, pantai adalah objek wisata andalan Pemkab Malang, Ngalamers. "Hampir semua pantai di sepanjang pantai selatan tergerus ombak. Namun, kami tidak bisa berbuat apa-apa, karena objek wisata pantai tersebut di bawah pengelolaan Perum Perhutani," kata Bupati Kabupaten Malang, Rendra Kresna seperti dikutip dari Antaranews.com, Kamis (28/6/2012).

Menurut Rendra, kalau kondisi tersebut tak segera ditangani Perum Perhutani, bisa jadi semakin lama objek wisata pantai di sepanjang pantai selatan akan hilang, Ngalamers. Jika sudah begitu, mau tak mau Pemkab Malang harus berupaya membuat objek wisata baru yang mampu menyedot wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Sementara itu, sekitar 20 pantai yang ada di sepanjang wilayah selatan Kabupaten Malang didapati mengalami abrasi akibat tergerus ombak. Abrasi pantai itu juga disebabkan oleh minimnya tanaman mangrove yang ditanam di bibir pantai. Kondisi paling parah dari sejumlah pantai yang mengalami abrasi tersebut adalah Pantai Sendang Biru di Kecamatan Sumbermanjung Wetan, Ngalamers. Abrasi di kawasan Pantai Sendang Biru ini lebih cepat karena adanya pembangunan pelabuhan ikan nasional dimana banyak batu-batu pemecah ombak yang diambil dari situ. Hal tersebut tentu mengancam lautan pasir di bibir pantai yang menjadi area wisata, Ngalamers. Selain itu, juga akan mempengaruhi kesejahteraan para nelayan yang menggantungkan hidupnya di pantai tersebut.

Apa pendapat Ngalamers menanggapi persoalan tersebut?



BACA JUGA