halomalang.com

Pemkot Malang Dituding Tak Punya Master Plan Pariwisata

13-Sep-2012 [00:00]

Ilustrasi
Dosen Pariwisata Pendidikan Vokasi, Universitas Brawijaya, Malang, A. Faidlal Rahman menuding Pemkot Malang tidak punya master plan yang jelas tentang pengembangan sektor pariwisata di Malang. Hal ini menyebabkan industri pariwisata di Malang sulit berkembang.

“Selama ini saya lihat belum ada konsep yang jelas, bagaimana upaya pengembangan industri pariwisata di Kota Malang. Padahal konsep itu penting jika memang ingin pariwisata tumbuh berkembang,” urai Faidlal.

Konsep yang digagas ini seharusnya selaras dengan berbagai sektor lainnya. Misalnya saja soal kemacetan yang harus dipikirkan solusinya. Selama ini kemacetan di Malang menjadi hal yang dikeluhkan oleh wisatawan. Sudah seharusnya Pemkot Malang memikirkan bagaimana caranya agar wisatawan memiliki peta tujuan wisata dan tidak terganggu kemacetan.

Untungnya Pemkot Malang telah mengadakan pelatihan pariwisata kepada para sopir angkutan wisata. Dimana salah satu materinya adalah bahasa asing. Selama ini memang para sopir taxi di Malang tidak begitu bisa berbahasa asing sehingga menyulitkan wisatawan mancanegara yang berwisata di Malang.

Keberadaan Malang Tourism Center (TMC) di alun-alun Kota Malang dipandang tidak cukup oleh Faidlal. TMC juga harus didukung oleh sektor-sektor lainnya. Selama ini TMC bertindak sebagai pusat informasi pariwisata dimana wisatawan lokal dan asing bisa meminta informasi mengenai parisiwata Malang.

Sumber: Surabaya Post
Foto: malangraya.web.id



BACA JUGA