Saturday, 17 November 2018
halomalang.com

Malang Tempo Doeloe 2013 Ditiadakan

05-Feb-2013 [00:00]

Karena berdekatan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), event Malang Tempo Doeloe 2013 yang selama ini digelar secara tahunan ditiadakan. Menurut Ida Ayu Made Wahyuni selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Malang, faktor keamanan menjadi pertimbangan utama pembatalan MTD 2013.

"Penyelenggaraan Malang Tempoe Doeloe biasanya digelar mulai 22-25 Mei, sedangkan Pilkada Kota Malang 23 Mei. Karena waktunya bersamaan itulah kita tiadakan dulu, karena akan sangat rentan terhadap keamanan," kata Ida

Banyaknya jumlah pengunjung yang akan datang ke MTD, yaitu rata-rata 400 ribu hingga 500 ribu per hari sangat rawan untuk dimanfaatkan berbagai kepentingan menjelang Pilkada.

Selain itu, penyelenggaraan MTD juga dijadwal ulang menjadi dua tahun sekali. Sehingga tahun ini ditiadakan dan digelar kembali tahun 2014. Dwi Cahyono selaku penyelenggara MTD dan pemilik hak paten atas MTD membenarkan jika tahun ini MTD ditiadakan. Hal ini sekaligus untuk memberi ruang evaluasi terhadap acara yang dua tahun ini mengalami penurunan kualitas.

Pihaknya ingin instansi terkait untuk melakukan evaluasi menyeluruh. Apalagi dalam dua tahun terakhir MTD disusupi PKL liar tanpa koordinasi. Padahal seharusnya PKL dan peserta MTD melalui seleksi ketat. Pakaian dan barang yang dijual harus sesuai dengan tema dan suasana Malang pada masa lalu.

"Kami sudah sampaikan masalah ini di hadapan dewan dan instansi terkait. Para wakil rakyat itu menyetujui, sehingga tahun ini positif tidak ada penyelenggaraan Malang Tempoe Doeloe," ujarnya.

Sumber: Surabaya Post


BACA JUGA