Tuesday, 11 December 2018
halomalang.com

Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan Banjiri Malang Raya

12-Aug-2013 [10:00]

Sejak hari H hingga H+3 Lebaran 1434 Hijriah kali ini, tempat-tempat rekreasi di Malang Raya dibanjiri oleh puluhan ribu wisatawan domestik, Ngalamers. "Jumlah pengunjung mulai hari H Lebaran hingga Sabtu (H+2) rata-rata mencapai 5 ribu orang setiap harinya atau tidak beda jauh dengan arus kunjungan wisatawan pada musim Lebaran tahun lalu," kata Titik S Ariyanto, Manajer Marketing Jatim Park I di Batu, Minggu (11/8/2013).

Menurut Titik, selain bisa menikmati sejumlah wahana, pengunjung Jatim Park I juga dihibur oleh permainana sulap, tari nusantara dan 'live' band. Selain itu, tempat duduk di rest area juga diperbanyak agar pengunjung lebih nyaman.

Sementara itu, kunjungan di Jatim Park II (Museum Satwa dan Secret zoo) rata-rata mencapai 4 ribu pengunjung per hari selama Lebaran. "Sebenarnya kami berharap ada peningkatan jumlah pengunjung antara 10 sampai 15 persen dari tahun lalu, namun ternyata tetap seperti arus kunjungan Kebaran tahun lalu," kata Rina Sati, Marketing Jatim Park II.

Rina mengakui, tidak tercapainya target peningkatan 10-15 persen tersebut disebabkan oleh akses jalan yang sangat macet, apalagi pada Minggu kemarin. Pasalnya, ada konvoi dan perayaan HUT Arema. Sehingga, dimana-mana terjadi kemacetan luar biasa, Ngalamers.

Sementara Pantai Balaikambang di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, yang selama ini menjadi "primadona" dalam mendulang pendapatan asli daerah (PAD) bagi Pemkab Malang dari sektor wisata juga padat pengunjung. "Selama libur Lebaran ini kami targetkan arus kunjungan wisatawan bisa mencapai 100 ribu seperti tahun-tahun sebelumnya. Hari ini (kemarin, red) memang menjadi puncak kunjungan. Namun selama masih liburan sekolah, jumlah pengunjung masih tetap tinggi," kata Sunardi, Kepala Unit pengelola wisata Balaikambang Perusahaan Daerah Jasa Yasa (PDJY) Pemkab Malang.

Sumber: Antarajatim 
Foto: Wisataoutboundmalang 


BACA JUGA