Thursday, 21 November 2019
halomalang.com

Kemenag Pantau Hilal di Pantai Ngliyep

26-Jun-2014 [19:30]

Kantor Kementerian Agama Kota Batu akan mengirimkan tim rukyat ke Pantai Ngliyep Kabupaten Malang, Jum'at (27/6). Mereka akan bergabung dengan tim rukyat dari Kemenag Kota dan Kabupaten Malang, yang nanti akan melaksanakan rukyatul hilal untuk menentukan hari pertama puasa Ramadhan 1435 H/2014.

Hari ini Kemenag menggelar rapat koordinasi dengan elemen tim yang akan dikirimkan untuk melihat Hilal. “Nanti timnya terdiri dari unsur Pengadilan Agama, Ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, Al Irsyad akan kita ajak kordinasi untuk mempersiapkan pelaksanaan rukyat,” ungkap H.Jamal, Kepala Kemenag Kota Batu, Kamis (26/7).

Perwakilan Muhammadiyah tetap akan ikut dalam tim rukyat tersebut Ngalamers, meski mereka sudah menetapkan awal puasa 2014 jatuh pada tanggal 28 Juni. Masyarakat juga diajak untuk menyemarakkan bulan Ramadhan dengan melakukan syiar Islam dengan membuat spanduk berisikan pesan moral dan agama.

"Kita juga sosialisasikan Badan Amil Zakat (BAZ), termasuk memberikan sosialisasi seputar berapa dana yang sudah masuk," paparnya. Safari Ramadhan juga digelar sebagai wujud sosial kepada masyarakat kurang mampu, seperti memberikan sembako Ramadan.

Seperti diketahui Ngalamers, Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Ramadhan 1435 Hijriyah jatuh pada tanggal 28 Juni 2014. Hal itu berdasarkan hasil metode hisab hakiki wujudul hilal yang menjadi pedoman Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah untuk menetapkan hari pertama puasa.

Muhammadiyah memperkirakan penetapan 1 Ramadhan 1435 H ini akan berbeda dengan penetapan yang akan diputuskan oleh Kementerian Agama.

Sumber: memoarema



BACA JUGA