Thursday, 21 November 2019
halomalang.com

Malang Siagakan Penjaga Pantai

20-Aug-2014 [08:30]

Ngalamers pernah melihat film Baywatch? Ternyata Malang juga punya penjaga pantai yang dinamakan Beach Rescue Cluster (BRC) yang bertugas menjaga pesisir pantai sebagai antisipasi bencana akibat cuaca buruk dan gelombang laut yang cukup tinggi. Tapi, Ngalamers jangan identikkan BRC dengan penjaga pantai yang kekar, seksi dengan kemolekan tubuhnya, tetapi BRC beranggotakan para nelayan yang berada di sekitar pantai di Malang.

Pantai selatan maupun wilayah laut di Kabupaten Malang sangat berpotensi terjadi bencana alam maupun kecelakaan. Untuk mengantisipasi hal itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)mebuat BRC sebagai garda terdepan untuk memberikan keselamatan dan pertolongan di laut.

BRC akan diterjukan di enam pantai di Kabupaten Malang. Yakni,

Pemilihan pantai tersebut, dinilai oleh BPBD Kabupaten Malang sering dikunjungi dan berdekatan dengan pemukiman. Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Hafi Lutfi, untuk menjalankan tugasnya sebagai penjaga pantai ketika terjadi gelombang tinggi tersebut, BPBD melengkapi tim BRC dengan sejumlah perlengkapan dan peralatan, di antaranya seragam, perahu karet serta alat apung. "Saya yakin tim BRC bisa bekerja maksimal karena tenaga yang direkrut rata-rata adalah nelayan di sekitar pantai yang memahami karakteristik wilayah pantainya," tegas Hafi.

Anggota BRC Kabupaten Malang sebanyak 46 orang dan mereka rata-rata bekerja secara sukarela alias tidak dibayar. BRC Kabupaten Malang baru dibentuk April 2014 melalui seleksi ketat bagi anggotanya, Ngalamers.

Sumber : sinarharapan



BACA JUGA