halomalang.com

[Ngalamers Harus Tahu] Sejarah Stasiun Kota Baru Malang

17-Dec-2014 [17:00]

Sejarah Stasiun Kota Baru Malang

Sumber gambar: stasiunkotabaru.blogspot.com

Stasiun Kota Baru Malang atau Stasiun Malang Kotabaru merupakan stasiun kereta api (KA) terbesar di Malang yang berada di pusat kota (Balai Kota Malang), tepatnya berada di Kecamatan Klojen. Jadi tak usah heran kalau Ngalamers mendengar warga Malang menyebut stasiun kereta api ini dengan "Stasiun Klojen". 


Konon sebelum Stasiun Kota Baru Malang didirikan, warga Malang masih banyak yang menggunakan Stasiun Kota Lama yang ada di Jalan Kol. Sugiono, Ciptomulyo Malang. Pada sekitaran tahun 1880-an, stasiun inilah yang banyak berfungsi menghubungkan Kota Malang dengan kota-kota lain hingga Stasiun Kota Baru dibangun.


Stasiun Kota Baru mulai didirikan sekitar tahun 1941. Struktur bangunannya dibuat berdasarkan karya J. van der Eb. Bangunannya sendiri terletak pada ketinggian sekitar 444 meter dari permukaan laut. Sesuai rancangan awal, bangunan Stasiun Malang Kotabaru ini dibuat di sisi timur stasiun yang sekarang. Sebab dengan begitu, penumpang yang baru turun dari kereta api di stasiun ini bisa langsung menikmati keindahan pemandangan Gunung Panderman di sebelah barat.


Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, bangunan ini semakin dirasa tak mampu lagi menampung jumlah penumpang yang terus meningkat. Maka dari itulah, akhirnya dibuat bangunan baru yang lebih besar di sisi barat emplasemen (di seberang bangunan stasiun semula). Bangunan baru ini terus dipakai hingga sekarang. Sementara bangunan lama yang kini bersebelahan dengan Dipo Kereta & Lok Malang, difungsikan sebagai kantor dan gudang untuk menyimpan alat-alat perawatan jalur KA.


Lokasi Stasiun Klojen ini mudah sekali dijangkau karena letaknya yang sangat strategis. Ngalamers bisa menemukannya di dekat bundaran Tugu dan Balai Kota Malang. Akses menuju stasiun ini pun sangat mudah. Ngalamers bisa mencapainya dengan naik angkutan kota (angkot) Malang yang melintas di depan Stasiun Kota Baru Malang ini seperti ADL/AL/MM/AJG/ABG dan AMG.

Sumber gambar: mediacenter.malangkota.go.id 


Baca juga:

[Ngalamers Harus Tahu] Sejarah Kota Malang 

[Ngalamers Harus Tahu] Sejarah Alun-Alun Tugu Malang 

[Ngalamers Harus Tahu] Sejarah Boso Walikan 



BACA JUGA