Friday, 18 January 2019
halomalang.com

[Press Release] Berbagi Tantangan Keajaiban Menulis Bersama Forjus ITP

02-Mar-2015 [11:00]

“Hak ilmu adalah mengamalkannya. Bila, tidak diamalkan ilmu itu, akan menuntut haknya ketika di akhirat kelak.” Kalimat indah yang saya baca dari buku #NasihatDiri Penerbit Tiga Serangkai. Membuat siapa saja, akan tersadarkan untuk membagikan ilmu walau itu sedikit. Tidak ada untungnya ketika ilmu itu ditimbun, sebaliknya dia akan memberikan banyak manfaat ketika dibagi.

(28/2) Sabtu yang memesona, saya mendapatkan kesempatan untuk berbagi tentang menulis di Forjus (Forum Jurusan) ITP IMM Adolesensi FPP UMM. Pukul 10.00 WIB acara pun di mulai, bertempat di gazebo samping Perpustakaan Pusat UMM. Suasana yang indah, tenang, dan cuaca yang sejuk menambah keakraban kami. Pesertanya pun beragam, dari semester 2 hingga semester 7.

Pada sesi kali ini, saya tidak memberikan praktik menulis dahulu. Saya lebih menekankan pada kenapa kita harus berkarya, apa manfaat yang didapat, hingga fakta-fakta kenapa sebagai mahasiswa harus menulis. Penyampaian seperti ini, saya lakukan untuk membentuk pola pikir peserta dahulu hingga menumbuhkan gairah untuk berkarya. Sebab jika pada awal perkenalan dengan menulis, langsung ke teknis. Pasti peserta tidak begitu tertarik mendengarnya/bahkan tidak peduli. Sebab biasanya hal yang berbau teknis, akan menarik bagi mereka yang paham/sudah merasakan nikmatnya menulis.

Selain itu, saya membagikan setidaknya 7 prinsip, yang bermanfaat untuk meraih masa depan. Pertama kekuatan dari dalam diri adalah kunci kesuksesan. Bukan kekuatan luar yang membuatmu sukses (Buku The Power In You). Kedua fokus dalam berkarya atau menjalankan suatu aktivitas. Sebab fokus akan mengeluarkan kekuatan dan potensi terbaik (Buku The Power In You). Ketiga tanyakan pertanyaan “Kenapa melakukan ini?” pada setiap aktivitas yang dilakukan. Sebab dengan tahu “kenapa” fokus dan komitmen akan kuat. Keempat jadikan gagal menjadi hal yang biasa dan nikmatilah! Kata Dahlan Iskan “Setiap orang memiliki jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu, selagi masih muda!” Kelima jangan hanya tahu, kita harus paham. Tahu hanya di kepala, sedangkan paham di dada (hati). Keenam carilah dan dapatkan seorang mentor. Mereka bisa memberikanmu peta dan arahan awal sehingga kamu tidak tersesat dan bisa berjalan di jalur yang benar demi menuju mimpi kamu (Buku The Power In You). Ketujuh awali segala sesuatu dengan basmalah dan tutup dengan hamdalah.

Kemudian sesi terakhirnya, saya memberikan sebuah tantangan kepada peserta. Yaitu, mereka saya suruh untuk menulis liputan atau segala hal yang dirasakan saat mengikuti diskusi ini. Kemudian saya suruh untuk mengirimkan ke media cetak/online/diupload diblog personal. Tantangan ini saya berikan, untuk mengetahui seberapa berhasilnya saya menyebarkan virus menulis dan berapa peserta diskusi yang berminat untuk mengambil peluang-merasakan keajaiban menulis. Peserta yang nantinya menulis baik di online/offline, mereka akan masuk tahap selanjutnya, yaitu teknis menulis di media. Entah berapa orang yang akan mengerjakan tantangan ini, saya tetap berharap dan positif thinking. Semoga yang mengerjakan tantangan ini banyak. Sebab keajaiban menulis itu begitu luar biasa. Pukul 12.00 WIB acara pun ditutup, ditandai dengan adzan sholat dhuzur.

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. Itulah salah satu ungkapan dari Pramoedya Ananta Toer kenapa kita harus berkarya lewat tulisan.

Biodata Penulis
Nama    : Sandi Iswahyudi
No. HP : 085755711079
Status    : Mahasiswa Jurusan ITP (Ilmu dan Teknologi Pangan) Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang
Aktif : Ambassador Lendabook Malang, Member Blogger Buku Indonesia (BBI 1502280) komunitas Indonesia Bebas Rokok dan Penulis Peduli
Blog : iswahyudi779.wordpress.com/ dan iswahyudi779.wordpress.com/
Twitter : @SandiIswahyudi

Karya tulis    :
Berupa cerpen, surat dan puisi dibukukan dalam bentuk antologi. Sedangkan branding (komunitas, traveling, dan kuliner) terbit di Koran Surya, blog.lendabook.co, Liputan6.com, halomalang.com, inspiratorfreak.com Koran Jawa Pos Radar Malang, dan blog.studentjob.co.id. Argumentasi di Koran Republika, Koran Kompas, dan Koran Sindo. Resensi terbit di Koran Kabar Probolinggo, Koran Pendidikan, Rimanews.com, Indoleader.com, Mediamahasiswa.com, Wasathon.com, Okezone.com, Suaratangsel.com dan di web Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (www.pjminews.com).



BACA JUGA