Thursday, 21 March 2019
halomalang.com

Kuota Pendakian ke Semeru Penuh Hingga Awal Tahun

28-Dec-2015 [12:38]

Para pendaki tengah beristirahat di Pos Ranu Kumbolo, Gunung Semeru. 07/09/2014. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Liburan akhir tahun 2015 rupanya benar-benar dimanfaatkan para pendaki untuk merayakan momen pergantian tahun di atas gunung tertinggi di pulau Jawa, Ngalamers: Gunung Semeru (3.676 mdpl).

Bahkan saat ini kuota pendaftaran pendakian telah penuh hingga masa awal 2016.

“Jumlah pendaki tiap harinya sudah melebihi kuota yang ditentukan. Kuota setiap harinya 500 pendaki. Untuk liburan akhir tahun saat ini, jumlah pendaki justru mencapai 700 tiap harinya,” kata Ayu Dewi Utari,  Kepala Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Minggu (27/12/2015) seperti dirilis wartabromo.com

Untuk itu Ayu mengimbau agar para pendaki tetap mengutamakan keselamatan dengan persiapan yang matang mengingat saat ini tengah musim hujan. Serta bersabar menunggu giliran untuk mengantri di Pos Ranu Pane di Lumajang.

“Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama keselamatan para pendaki. Terpaksa para pendaki yang datangnya belakangan, harus menunggu giliran di pos Ranu Pane,” terangnya.

Untuk diketahui Ngalamers, selain momen pergantian tahun, para pendaki rupanya juga memanfaatkan waktu terakhir masa pendakian di 2015 ini. Pasalnya, setelah tanggal 04 Januari pihak TNBTS akan menutup total kegiatan pendakian hingga 4 bulan ke depan.

Kegiatan ini rutin dilakukan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tiap tahun untuk recovery ekosistem dan jalur pendakian.

Sumber: wartabromo



BACA JUGA