Saturday, 19 October 2019
halomalang.com

Ombak Tinggi, Sampah Penuhi Bibir Pantai Perawan

07-Jan-2016 [12:12]

Sampah yang menumpuk di sekitar rumah pompa air di Pantai Perawan, Ds. Sidoasri, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang. Rabu, 06/01/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Tingginya ombak di pantai-pantai Selatan Jawa, khususnya di kawasan pantai Selatan Malang dalam sepekan terakhir menyebabkan penumpukan material sampah di Pantai Perawan, Desa Sidoasri Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Dalam pengamatan halomalang, Rabu, (06/01/2016) di sepanjang bibir pantai terdapat banyak tumpukan sampah berbagai jenis dan ukuran. Mulai dari kayu, kelapa, plastik hingga spons. Penumpukan lebih banyak di sisi barat pantai, dekat rumah pompa air untuk tambak.

"Iya sekarang lagi musim angin, ombaknya 'ngeduk'. Sampah-sampah yang dulu terendam pasir jadi terangkat ke bibir pantai," kata Yadi, warga setempat ketika ditemui halomalang. Menurutnya hal ini hampir terjadi di setiap tahun, Ngalamers.

"Pengunjung harus waspada karena ombaknya cukup kuat. Asal jangan bermain di dekat air saja mas," imbuh Yadi sembari menjelaskan kejadian wisatawan terseret ombak di awal tahun 2016 kemarin.

Selain sampah-yang entah dari mana- yang dibawa ombak, banyak sampah khususnya plastik bekas bungkus makanan dan minuman yang ditinggalkan pengunjung di sekitar pantai. Hal ini cukup mengganggu pemandangan maupun kenyamanan.

Dari pengamatan halomalang memang tidak disediakan tempat sampah khusus di kawasan pantai yang memiliki garis cukup panjang ini, Ngalamers. Jika dikelola dengan tepat, Pantai Perawan merupakan salah satu lokasi yang potensial untuk menjadi lokasi wisata yang menawan di Kabupaten Malang.

Karena selain memiliki pemandangan bagus karena dikelilingi bukit yang menghijau, di sekitar Desa Sidoasri juga terdapat tempat wisata alam lain yakni Air Terjun (Coban) Kembar dan Coban Tundo 3.

Kecamatan Sumbermanjing Wetan sendiri dikenal memiliki banyak pantai menarik Ngalamers. Sebut saja Pantai Sendang Biru, Pantai Gatra, Pantai Clungup, Pantai Tiga Warna, Pantai Sendiki, Pantai Tamban, Pantai Klatakan hingga Pantai Perawan.

Spot menarik. Dengan garis pantai cukup panjang serta dikelilingi bukit menghijau, Pantai Perawan bisa dikembangkan menjadi destinasi yang lebih potensial. Rabu, 06/01/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Tumpukan material kayu mendominasi sampah yang terhempas ombak di kawasan Pantai Perawan. Rabu, 06/01/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Plastik bekas makanan juga banyak ditemukan di sekitar bibir pantai. Rabu, 06/01/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Botol plastik bekas tempat minum juga banyak ditemukan di sekitar tempat yang lebih jauh bibir pantai . Rabu, 06/01/2016. (Foto: W.Arief/Halomalang)

[WA]


BACA JUGA