halomalang.com

Waspadai Gelombang Tinggi Pantai Selatan Jawa

02-Jan-2016 [11:09]

Nekad. Ombak besar tak menghalangi wisatawan bermain di ujung karang sisi barat Bukit Watu Lepek, Pantai Batu Bekung, Kabupaten Malang. Jumat, 28/11/2015. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Perak mengimbau wisatawan untuk berhati-hati dengan gelombang air laut di pantai-pantai Selatan Pulau Jawa. Dikarenakan dalam beberapa hari terakhir tinggi gelombang cukup tinggi, antara 1 - 2 meter, Ngalamers.

"Potensi gelombang tinggi ini sewaktu-waktu bisa datang. Arusnya dari timur laut ke timur. Sementara arah anginnya menuju barat akhir-akhir ini di area selatan Jawa," kata Ari, Staf Ahli BMKG Perak kepada Radio Suara Surabaya, Senin (01/01/2016).

"Tetap waspada, cari posisi yang aman. Gelombang tinggi akan terus ada sampai beberapa hari ke depan soalnya. Meskipun sebenarnya intensitasnya cenderung menurun daripada beberapa hari yang lalu," imbuhnya.

Sebelumnya Ngalamers, pada Jum'at (01/01/2016) kemarin terjadi dua musibah wisatawan terseret ombak di dua pantai berbeda di Malang Selatan, yakni di Pantai Bajul Mati, Kecamatan Gedangan dan Pantai Perawan, di Kecamatan Sumbermanjing Wetan di Kabupaten Malang.

Di Pantai Bajul Mati, dari lima korban yang terbawa ombak, 1 korban dinyatakan meninggal dunia atas nama Slamet (35) warga Mergosono Kota Malang, 1 korban ditemukan selamat dan 3 korban lain masih dalam proses pencarian (data Jum'at malam).

Sedangkan satu korban meninggal terseret ombak Pantai Perawan bernama Najibul Walid (19) asal Sidoarjo.

Sumber: suarasurabaya



BACA JUGA