Thursday, 21 March 2019
halomalang.com

Omah Backpacker, Tempat Singgah Gratis di Malang

Berkat bantuan teman – teman wisatawan juga omah backpacker bisa mendirikan Omah Sinau yang memiliki kelas bahasa inggris, mata pelajaran, dan tari tradisional. Omah Sinau ini benar – benar gratis.

Setiap orang pasti sangat suka dan membutuhkan yang namanya travelling untuk sejenak meninggalkan rutinitas sehari-hari. Tapi, tiap orang punya gaya travelling yang berbeda. Yang punya uang tumpah ruah pasti akan menghabiskan liburan mewah ala Syahrini. Buat yang keuangannya standart bisa memilih penginapan sekelas melati. Nah tipe terakhir adalah untuk pejalan hemat bisa singgah ke Oma Backpacker yang terletak di daerah Ngijo, Batu.

Seperti dilansir di websitenya, Omah backpacker adalah semacam rumah singgah buat para pelancong backpacker. Sebenarnya tempat ini adalah basecamp dari Malang Vacation. Mbak Ajeng sebagai pemlik mempunyai 2 kamar kosong yang tak terpakai dan daripada nganggur” lebih baik digunakan untuk berbagi dengan teman – teman yang berhemat tapi tetep pengen liburan cantik di Malang.

Apa Benar Gratis 100% ?

Pasti banyak yang bertanya, apakah Omah Backpacker ini benar – benar gratis. Jawabannya adalah IYA. Gratis tis tis. Omah backpacker tidak mencharge pemakaian air maupun listrik. Namun, pemilik memiliki program yang bernama “One Night, One Book”. Jadi, setiap teman yang ingin menginap disini, pemilik berharap para backpacker yang  menginap membawakan buku, baik bekas maupun baru. Koleksi buku yang didapatkan, akan dialokasikan untuk membuat taman bacaan di desa sekitar.


Apa sih Tujuan Omah Backpacker?

Malang Vacation baru saja pindah ke desa Ngijo sekitar beberapa bulan yang lalu, tepatnya bulan September 2015. Pemilik melihat banyak anak – anak kecil di desa Ngijo tidak memiliki akses untuk buku dan internet yang cukup, bahkan dari sekolah mereka. Bahkan untuk buku cetak pelajaran mereka tidak memiliki. Melihat hal ini, pemilik membuka sebuah wadah sebagai tempat untuk anak-anak agar membaca koleksi buku yang masih sedikit. Antusias mereka cukup bagus dan hampir setiap hari mereka datang ke Omah backpacker.

Akhirnya, terbersit ide untuk membagi rumah dengan para wisatawan yang berkunjung ke malang dan sebagai imbalannya bukan lah uang tetapi buku.

Saat ini, pemilik sangat berterima kasih kepada semua donatur buku di omah backpacker sehingga koleksi buku semakin banyak dan pengunjung bukan hanya anak – anak tapi remaja dan dewasa.

Berkat bantuan teman – teman wisatawan juga omah backpacker bisa mendirikan Omah Sinau yang memiliki kelas bahasa inggris, mata pelajaran, dan tari tradisional. Omah Sinau ini benar – benar gratis. Pemilik berharap dari omah sinau bisa terbentuk anak – anak desa yang memiliki kepandaian akademis, keterampilan bahasa yang baik, dan tetap mencintai akar budaya lokal Malang.

Trus, Apa yang Didapat Saat Menginap di Omah Backpacker?

Namanya juga Gratis. Jadi mohon dimaklumi , kalau fasilitas yang Ngalamers dapatkan adalah fasilitas dasar.

  • Pemilik memiliki 2 kamar, di lt.1 dan lt.2. Setiap kamar memiliki 2 kasur lantai, karpet, dan colokan.
  • Ada Balkon yang cukup lebar di atas. Kemarin waktu tahun baru, terbukti berfungsi sebagai tempat tidur lesehan. Hehehe
  • Ada 2 kamar mandi, di atas dan di bawah.
  • Dapur juga bisa kalian gunakan. Kalau mau bikin teh atau kopi pemilik persilahkan.
  • Di Ruang Keluarga ada TV Kabel yang bisa digunakan untuk nonton bareng.
  • WIFI cukup moncer sampai ke lantai atas.
  • Halaman omah backpacker adalah masjid. Jadi yang mau berjamaah tinggal buka pintu dan nyebrang jalan aja.


Peraturan buat Nginap di Omah Backpacker

  • JAGALAH KEBERSIHAN, ini yang paling penting. Di tempat ini tidak room boy. Please, kalau checkout tolong kembalikan ke suasana semula. Ada sapu, jadi tolong disapu ya. Hehehe
  • Kalau yang datang cuma berdua cowok dan cewek. Akan pemilik pisah kamarnya. Kalau berombongan, its okey. Cuma minta tolong untuk menjaga kesopanan ya. Jangan sampai Omah Backpacker digerebek ama RT cuma karena dianggap sebagai “rumah singgah mesum”.
  • Jangan merokok di dalam kamar / rumah. Bisa di teras / balkon kok.
  • Bantu Share ke Sosial media / Blog anda ya…

Simak Rute Angkotnya :

Stasiun Kota Malang – Naik AMG / GA / AL Turun di Terminal Arjosari – Naik Angkot KA Warna Merah Turun di depan Omah Backpacker.


Alamat Omah Backpacker
Ria / Ajeng
Jln. Raya Takeran Ngijo Karangploso
(Depan MAsjid An – Nur)
0812 3362 9624 atau WA 0812.3369.2339
Facebook omahbackpacker
Website Malangvacation



BACA JUGA