halomalang.com

Hari ini, Wisata Bromo Kembali Dibuka Penuh Untuk Wisatawan

12-Mar-2016 [09:20]

Akhirnya, hari ini, Sabtu (12/03/2016) wisata Gunung Bromo akan dibuka resmi setelah erupsi sekitar 3 bulan lamanya Ngalamers. Para pelaku usaha dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Probolinggo melakukan bersih-bersih di kawasan Bromo, Jumat (11/3/2016).

Titik lokasi yang dibersihkan meliputi padang Savana, lautan pasir, dan bawah tangga menuju kawah Bromo. Para pelaku usaha dan staf Disbudpar memungut sampah dan kotoran yang menumpuk. Maklum, erupsi Bromo yang berlangsung lama membuat lokasi wisata kurang bersih.

Kepala Seksi Objek Wisata Disbudpar Musa mengatakan, aksi bersih-bersih Bromo menyambut dibukanya kembali wisata Bromo setelah ditutup akibat erupsi. Hal itu dilakukan agar wisatawan domestik dan mancanegara merasa nyaman berkunjung ke Bromo. "Kami bahu-membahu membersihkan titik lokasi Bromo. Supaya sampah dan kotoran tak mengganggu panorama Bromo yang tiada duanya," ujar Musa.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Probolinggo menurunkan status Gunung Bromo dari semula berstatus siaga menjadi waspada. Dengan diturunkannya status tersebut, pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) pun akhirnya membuka kembali, namun, pembukaan wisata kaldera ini masih bersifat terbatas.

Kepala TNBTS Ayu Dewi Utari mengatakan, keputusan pembukaan kawasan kaldera ini ditetapkan setelah pihaknya menggelar rapat koordinasi (rakor) pembukaan kawasan wisata Bromo dengan sejumlah instansi terkait, Ngalamers.

Sumber : Kompas



BACA JUGA