Saturday, 17 November 2018
halomalang.com

Kisah di Balik Lukisan 'Oei Hui Lan' Hotel Tugu

23-Sep-2016 [10:00]

Ada sebuah lukisan yang  cukup menarik perhatian jika Ngalamers berkunjung ke Hotel Tugu Malang. Potret hitam putih seorang wanita cantik berambut panjang sedang berdiri membelakangi cermin. Sorot matanya yang tajam, membuat sosok ini terlihat hidup.

Selain karena tampilannya yang nggak biasa, yang bikin lukisan ini menarik adalah kisah wanita di dalamnya. Ia adalah Oei Hui Lan, putri dari Oei Tiong Ham, pria terkaya di Asia Tenggara di abad 19. Oei Tiong Ham yang kekayaannya terkenal di seluruh Asia hingga Eropa.

Perjalanan hidup Oei Hui Lan ternyata cukup menarik Ngalamers. Putri kesayangan dari pengusaha gula ternama asal Semarang ini lahir di tahun 1889. Selain pintar, ia juga sering mendampingi Ayahnya berdagang ke China, Amerika dan Eropa. Oei Hui Lan lalu menikah dengan Wellington Koo, salah satu duta besar China, hingga membuatnya akrab dengan keluarga bangsawan Eropa mulai dari Ratu Viktoria hingga Ratu Belgia. Bahkan fotonya tercatat dalam musem kerajaan di Inggris.

Sebelum meninggal dunia pada tahun 1992 di usia ke-93 nya, Oei Hui Lan sempat menulis dan menerbitkan buku berjudul 'No Feast Last Forever' yang menceritakan perjalanan hidupnya yang luar biasa. Nah, lukisan yang ada di The Sugar Baron Room - Hotel Tugu ini adalah salah satu peninggalannya Ngalamers. Entah siapa pelukisnya, tapi yang jelas sosok Oei Hui Lan di lukisan tersebut lumayan 'menyeramkan'.

Seringkali aura dingin muncul di sekitar lukisan. Bayangan Oei Hui Lan di cermin dengan rambut terurai panjang hampir mencapai lutut. Tatapan matanya yang tajam, banyak pengunjung merasa Oei Hui Lan terlihat hidup dalam lukisan. Konon, setelah melihat lukisan itu beberapa pengunjung pun pernah mengaku didatangi Oei Hui Lan dalam mimpi mereka.

Sumber & Foto: gadis, kaskus


BACA JUGA