halomalang.com

Polres Malang Kota Gelar Operasi Sikat Semeru

19-Sep-2016 [11:00]

Ilustrasi. Petugas Satlantas Polres Malang Kota menindak peserta konvoi pada Kamis, 11/08/2016 lalu di kawasan Jl. Kertanegara. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Polda Jawa Timur beserta jajaran menggelar Operasi Sikat Semeru 2016 selama 12 hari, yang mulai digelar tanggal 14 - 25 September 2016, tak tekecuali Kota Malang.

Operasi Sikat Semeru 2016 ini menyasar semua tindak kejahatan dan untuk meminimalkan tindak kejahatan. "Yakni pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor, pencurian hewan ternak, penyalahgunaan senjata tajam dan senjata api," terang Kasubag Humas Polres Malang Kota AKP Nunung Anggraeni.

Sebagai kota pendidikan, Kota Malang diserbu pendatang. Para pendatang ini, mayoritas mahasiswa, menempuh studi di puluhan perguruan tinggi di Kota Malang.

Kehadiran para pendatang, diikuti dengan laju pertambahan kendaraan bermotor. Celah ini rupanya dimanfaatkan oleh pencuri kendaraan bermotor. "Masih curanmor (pencurian kendaraan bermotor) yang mendominasi, kemudian curas (pencurian dengan kekerasan) dan curat (pencurian dengan pemberatan)," lanjut Nunung.

Kawasan yang paling banyak menjadi incaran maling motor adalah Kecamatan Lowokwaru dan Blimbing.

Bentuk pencurian dengan kekerasan seperti jambret dan perampasan yang diikuti dengan pemukulan ataupun ancaman memakai senjata tajam. Sedangkan pencurian dengan pemberatan itu berbentuk pencurian yang diikuti dengan merusak properti, seperti merusak pintu rumah atau jendela, Ngalamers.

Sumber : Tribunnews



BACA JUGA