Saturday, 19 October 2019
halomalang.com

Operasi Zebra Semeru 2016 Jaring Ribuan Pelanggar

30-Nov-2016 [17:00]

Sejak bergulirnya Ops Zebra Semeru 2016, tanggal 16 – 29 November 2016, Satlantas Polres Malang Kota mengeluarkan sebanyak 4101 surat tilang, Ngalamers.

Paling banyak pelanggaran dilakukan masyarakat pengendara R2 (roda2) yakni tidak memiliki SIM berjumlah 2849 pelanggar. “Pelaksanaan Ops Zebra Semeru 2016, sudah berahir. Dari catatan unit tilang pelanggaran paling banyak masih didominasi kendaraan R2 yang terjaring dalam ops sistem hunting,” jelas Kasat lantas Polres Malang Kota AKP Ady Nugroho SH,SIK.

Walaupun Ops Zebra sudah berahir, lanjut AKP Ady, pihaknya berharap masyarakat senantiasa tertib dalam berlalu lintas serta selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang ada di jalan. Termasuk rambu rambu larangan. Bukan hanya tertib ketika digelarnya Ops Zebra saja. “Dalam Ops Zebra kali ini, kami juga mengeluarkan surat teguran secara simpatik. Terbukti ada 925 surat teguran yang kami berikan. Seperti tidak menyalahkan lampu pada siang hari. Mengenakan kaca spion tidak lengkap serta penggunaan ban yang bukan standart aslinya,” jelasnya.

Ops Zebra tahun ini lebih mengutamakan pendekatan preemtif ini. Pihaknya ingin mengajak seluruh masyarakan menyadari akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas. “Secara sederhana mengapa paling banyak pelanggar tidak memiliki SIM. Kecenderungnya masyarakat yang tidak membawa SIM sangat berisiko terjadinya laka lantas.

Karena dari survey lapangan menyimpulkan, bagi masyarakat yang belum memiliki SIM cenderung mengendarai kendaraan lebih cepat dan gugup. Perbuatan tersebut sangat membahayakan masyarakat pengendara lainnya. Lain halnya bagi mereka yang telah memiliki SIM dan STNK pasti lebih tenang. Ketikan ada Ops,” ungkapnya mewakili Kapolres Malang Kota AKBP Decky Hendarsono SIK.

Diterangkan juga olehnya, pihaknya selaku anggota Polantas setiap melaksanakan kegiatan maupun penindakan berdasarkan Undang undang lalu lintas No 22/2009, dengan tetap menjujung tinggi apa yang menjadi atensi Kapolri dengan program ProMeter, yakni profesional modern terpercaya, Ngalamers.

Sumber : memo-x



BACA JUGA