Thursday, 27 February 2020
halomalang.com

“Journey to the Zero”, Usaha Doktrinasi Stoner milik Jafar

18-Aug-2017 [00:00]
Jafar merupakan sebuah unit stoner baru dari Kota Malang. Beraliran stoner dengan nuansa warna gelap menjadi salah satu ciri khas yang dijadikan basis pengkaryaan.

Jafar baru saja merilis single pertamanya yang berjudul “Journey to the Zero” pada tanggal 17 Agustus 2017. Single debut dari unit stoner rock pendatang baru asal Malang ini direkam di Srawung Records dan di-mixing oleh Rizky “Toar” Muhammad (Remissa). Untuk artwork single ini sendiri, seorang seniman muda asal Malang, Ilustruth dipercaya sebagai dedengkot urusan visualnya.

“Journey to the Zero”, trek ini berkisah mengenai segala sesuatu akan kembali pada titik awal ia berada. Lebih jauh lagi, Rick, sebagai vokalis dan gitaris unit ini berpendapat bahwa hal tersebut bisa direlevansikan dengan berbagai hal di sekitar kita. Semisal, anak rantau yang berangkat dari nol ke kota rantau dan pada akhirnya kembali ke kota asalnya-tempat ia bermula hingga kehidupan manusia yang semakin lama juga semakin mendekat lagi pada Yang Maha Kuasa/The One. Secara singkat, tema “full circle”, lingkaran yang kembali lagi dan tak berujung ini bisa menggambarkan secara singkat maksud dari single ini.

Jafar sendiri merupakan unit pendatang baru yang baru dibentuk tahun 2017. Merupakan proyek dari Rick “Harian Harimau”, Mc_Death dan juga Ryan “mc_bray”. Dengan balutan stoner rock yang terinfluens dari Kyuus, style vokal ala Chris Cornell & Eddie Vedder, Rick memberikan kesan “malas” namun “berat” pada trek ini. Selain bertanggungjawab pada departemen vokal, Rick sendiri juga memegang departemen gitar dengan menyisipkan efek fuzz pada pedalboard-nya. Bassline Mcdeath yang tidak ingin bermain “aman” juga patut diperhatikan karena ia menyisipkan nuansa-nuansa funk yang dikawinkan oleh beat-beat solid Ryan sebagai drummer.

Ke depannya, Jafar akan memberikan beberapa surprise sembari menggarap album pertamanya. Perhatikan kiprah mereka dalam dunia musik “berat” kota Malang ini pada instagram mereka di @jafarofficial_. Sementara itu, pendengar sangat dipersilahkan untuk menikmati single “Journey to the Zero” ini pada akun Soundcloud mereka.

<Jafar Official>



BACA JUGA