Monday, 23 September 2019
halomalang.com

Malang Dinobatkan Menjadi Salah Satu Kota Tertua di Indonesia

19-Aug-2017 [00:00]
Berbicara mengenai Indonesia memang tidak ada habisnya. Banyak sekali ragam budaya, suku, lagu, kebiasaan, dan lain sebagainya yang dapat kita pelajari untuk dilestarikan.

Indonesia adalah salah satu negara dengan begitu banyak kota dan daerah di dalamnya. Indonesia juga negara yang banyak diberkahi kejaiban alam dan budaya. Keindahan alam, keanekaragaman satwa, dan banyaknya tempat wisata di Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Tak heran jika Indonesia menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi para wisatawan luar negeri. Bukan hanya itu, kebudayaan Indonesia dari setiap daerahnya pun menjadi daya tarik tersendiri. Selain wisata dan kebudayaan, sejarah Indonesia pun banyak menarik wisatawan yang ingin mengetahui dan mempelajarinya.

  • Palembang

Palembang atau yang lebih dikenal juga dengan nama Bumi Sriwijaya merupakan satu kota terbesar di Pulau Sumatera. Penduduk di kota yang khas dengan Jembatan Ampera ini, berjumlah kurang lebih 1,7 juta orang. Satu yang membuat Palembang sangat dikenal adalah karena sejarahnya.

Palembang merupakan tempat berawalnya Kerajaan Sriwijaya, sebuah kerajaan maritim tertua di Indonesia.Kota ini ada sejak tahun 682 Masehi dan hal tersebut bisa dibuktikan dalam prasasti atau peninggalan-peninggalan sejarah milik kota Palembang. Nah, jika berkunjung ke Palembang, satu makanan khas yang wajib dicoba adalah pempek.

  • Salatiga

Kota Salatiga merupakan kota tertua kedua di Indonesia setelah Palembang. Nah, jika Palembang terletak di Pulau Sumatera bagian Selatan, maka Salatiga adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang sudah ada sejak 750 Masehi. Kisah terciptanya Salatiga ditulis dalam Prasasti Plumpungan yang berada di Sidorejo.

  • Malang

Kota yang letaknya tak jauh dari Surabaya ini dijuluki juga sebagai Paris van Oost-Java. Udara Malang yang lebih sejuk dari kota-kota lainnya, serta keindahan kota ini membuatnya dianggap setara dengan Paris. Julukan Paris van Oost-Java berarti Kota Paris di bagian Timur Pulau Jawa. Kota Malang sudah ada sejak tahun 760 Masehi, tak lama setelah adanya Kota Salatiga.

  • Kediri

Masih di Jawa Timur, kota tertua berikutnya adalah Kediri, kota yang sudah berdiri sejak tahun 879 Masehi. Di Kediri ada berbagai peninggalan sejarah yang terkenal hingga kini.

Satu di antaranya bangunan Monumen Arc de Triomphe, monumen ala Paris yang sekaligus menjadi lambang kota Kediri. Selain itu, Kediri juga identik sebagai Kota Gula.

  • Magelang

Kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan ikon Candi Borobudur ini sudah berdiri sejak tahun 907 Masehi. Meski merupakan kota kecil, tetapi Magelang merupakan kota yang kaya akan cerita sejarahnya. Apalagi, Candi Borobudur sudah terkenal di dunia.

Sumber : Tribunnews



BACA JUGA