halomalang.com

Ruang Apresiasi di Peka_ Kebelet Gigs 1.0

Peka_ Kebelet Gigs 1.0 akan menghadirkan penampilan dari 3 (tiga) band: Lenttera, Sumber Kencono & Amik Brothers.
Peka_, unit kolektif zine dari kampus Universitas Negeri Malang akan melaksanakan sebuah acara bertajuk Peka_ Kebelet Gigs 1.0. Event dalam bentuk gigs ini akan dihelat pada tanggal 14 September 2017 di depan Gedung I1 Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang (UM). Acara kolektif edisi pertama ini menghadirkan penampilan dari 3 (tiga) band: Lenttera, Sumber Kencono & Amik Brothers.

Kerinduan akan nuansa gigs yang intim menjadi dasar akan eksistensi gigs ini. Di saat gigs intim mungkin hanya bisa dilihat di kafe/ public house, Peka_ sebagai sebuah zine kampus merasa rindu untuk “memindahkan” suasana tersebut ke dalam konteks kampus dan mahasiswa, dalam hal ini mahasiswa UM. Selain juga, karena kami ingin mengekspos band-band yang telah berkarya sendiri dengan bukti rilisan (baik fisik maupun digital).

Konsep perhelatan ini sendiri adalah, selain performers membawakan lagu sendiri, mereka diwajibkan untuk meng-cover 1 (satu) lagu dari 1 (satu) band yang ada dan satu panggung di sana. Ini dibuat untuk sarana apresiasi karya sesama musisi di UM dan/atau khususnya di Malang. “Karena menurut kami, untuk mendengarkan karya influence masing-masing mungkin sudah biasa, namun untuk mendengarkan karya yang berbeda atau bahkan teman-teman sendiri? Mungkin masih menjadi pertanyaan, saat kami mengamati kebiasaan mendengarkan musik di kalangan band-band di sekitar kami,” kata KMPL dari Peka_ zine.

Harga Tiket Masuk (HTM) yang dikenakan pada penonton adalah sebesar 5.000 Rupiah. Namun, sebagai sesama mahasiswa dan anak rantau, Peka_ menyadari bahwa terkadang uang lima ribu Rupiah sama artinya dengan lima puluh ribu Rupiah saat pertengahan bulan tiba. Didasari oleh rasa tenggang rasa tersebut, Peka_ memberikan alternatif tiket kepada penonton dengan membawa 1 (satu) sachet kopi plus komisi sebesar 2.000 Rupiah. Penonton bebas memilih salah satu dari alternatif tiket di atas.

Dengan membeli tiket ini, penonton akan mendapat suguhan dari tiga band tersebut beserta sebuah Peka_ zine edisi khusus yang dibagikan pada saat hari H. Peka_ edisi khusus tersebut di antaranya memuat serba-serbi gigs ini, profil dan review masing-masing band, dan juga interviu singkat bersama anggota band-band yang perform pada perhelatan kali ini.

Selain itu akan ada lapakan dari band-band tersebut dan beberapa komunitas untuk menggeliatkan perhelatan ini. Tidak lupa, acara ini tidak akan berlangsung tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak: Opus 275, UKM Musik tingkat universitas di UM; Opium, Lembaga Semi Otonom (LSO) Fakultas Ilmu Pendidikan; Laisos, LSO Fakultas Ilmu Sosial; Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Seni & Desain Universitas Negeri Malang; MD Sound & Entertainment; sebuah kolektif sound-sound’an; Bunker 201, unit backstage family asal Malang; Rumah Serem; paguyuban berkedok band asal Malang; Titiknol, entitas kreatif film pendek asal Malang serta Rumah Kancil, sebuah kolektif video Malang.

Sebagai penutup, angka 1.0 di belakang Kebelet Gigs itu berarti bahwa akan ada edisi kedua dan seterusnya setelah ini. Apapun yang terjadi setelah gigs ini, tentu niat Peka_ untuk mengekspos band-band potensial sekaligus membuka lahan apresiasi bagi sesama musisi tidak akan berubah dan terus diusahakan untuk tetap konsisten. “Ya, inginnya sih rutin, mungkin 3-4 bulan sekali begitu.” tukas KMPL.

peka corp <[email protected]>



BACA JUGA