halomalang.com

Rumah Makan Kerta Sari Batu: Bukan Tempat Makan Biasa

Patung Kura-kura raksasa seberat 10 ton menjadi ornamen khas. Tak hanya artistik, karya maestro besi bekas Ono Gaf ini bermakna 'umur panjang dan sederhana'.

Rumah makan ini berada di Jl.Raya Dieng 4, Sidomulyo, Kota Wisata Batu. (Foto: Arinta/Arief: Halomalang)

Rumah Makan Kerta Sari didirikan pada 1972 oleh Ibu Lana Kusuma yang berkeinginan untuk menyajikan citarasa kuliner Indonesia yang otentik nan lezat.

Rumah makan yang pertama kali ada di Jalan Letjen Sutoyo Malang yang sampaii hari ini masih beroperasi. Selain menyajikan menu masakan Indonesia yang me-legenda, Rumah Makan Kerta Sari juga khas dengan keindahan berbagai jenis display buah dan bunga - bunga dari perpaduan bahan kayu dan kain yang unik, eksotis dan artistik karya Dr. Felix.

Pada tahun 2010 Rumah Makan Kerta Sari membuka cabang di Jalan Raya Dieng No. 4, Batu, selain tetap mempertahakan kelengendaannya, rumah makan ini dikelilingi oleh panorama pegunungan serta perbukitan yang begitu hijau indah dan mempesona. Dibangun di lahan seluas 4600 meter persegi, memiliki area parkir yang luas di halaman dalam, gedung 3 lantai, ditemui adanya kolam ikan, dikelilingi deretan pohon - pohon pakis yang rimbun mempertegas nuansa alam yang begitu alami dan menyejukkan.

Ngalamers, ada yang menarik dari Rumah Makan Kerta Sari yang berada di Batu ini, yaitu ornamen kura-kura raksasa dari besi bekas karya maestro Ono Gaf yang asli Malang. Patung Kura-kura ini setinggi 3 meter dengan berat sekitar 3 ton.

Menurut Anita, sang pemiliki Rumah Makan Kerta Sari "Dipilih kura-kura karena kura-kura merupakan binatang yang berumur panjang, dan sederhana. Untuk proses penggarapannya sendiri memakan waktu 4 tahun, untuk menentukan pose dari kura-kura tersebut 2 tahun sendiri. Kita ingin ornamen kura-kura ini menjadi ciri khas tersendiri dari Rumah Makan Kerta Sari."

Jika di dalam Rumah Makan Kerta Sari Malang terlihat beberapa koleksi karya seni rupa berupa galeri tanaman dan bunga-bunga yang terbuat dari kain, tidak jauh berbeda dengan yang berada di Batu. Terdapat beberapa patung, serta ornamen seni yang hanya bisa ditemui di Rumah Makan Kerta Sari Batu.

Mengunjungi Rumah Makan Kerta Sari Batu selain Ngalamers bisa menikmati sajian menu-menu primadona dari Kerta Sari, juga bisa menikmati pemandangan yang masih asri dan tenang. Selain itu yang patut di coba Botok Tawon, Sate Jamur dan Es Puternya Ngalamers.

Baca Juga: Jaga Kualitas Resep Ayam Goreng Tradisional Sejak 1972

Penasaran dengan Rumah Makan Kerta Sari Batu? langsung saja ke Jl.Raya Dieng 4,Kota Wisata Batu, buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB
[AI/WA]



BACA JUGA