halomalang.com

Bangkit Menuju Kampung Bermartabat: Festival Kampoeng Dokar Banjartengah Jilid #2

Festival ini merupakan bentuk hari raya kebudayaan warga Banjartengah yang terbuka bagi siapa saja untuk meramaikan.

Festival Kampung Dokar Dsn Banjartengah akan kembali menyapa 27 - 29 Oktober 2017. (Doc: @kampoengdokar)

Akhir pekan adalah waktu yang tepat menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat. Plesiran naik dokar? Istirahat sambil menikmati kuliner tradisi + hiburan panggung budaya dalam suasana asli perkampungan? Jika ini hal yang tidak bisa kalian tolak, mari merapat ke Festival Kampung Dokar #2.

Dirayakan 27, 28, 29 Oktober 2017 oleh warga Dusun Banjartengah, Ds. Sumbersekar, Kec. Dau, Kab. Malang. Tak cuma sajian ala festival tempo dulu yang biasa ditemui, Festival Kampung Dokar adalah wujud nyata semangat muda-mudi setempat untuk menjadikan kampungnya sebagai ruang kreatif. Ruang sekaligus rumah yang hidup.

Berdasar sejarah, sebutan Kampung Dokar ini dulunya memang dipergunakan sebagai stasioner transportasi yang ditarik Kuda: Dokar (Andong/Delman). Secara geografis, Kampung Dokar berada di kawasan strategis, perbatasan Kabupaten Malang dan Kota Batu yang sejuk. Meski tergolong sub-urban, tapi masyarakat yang sebagian besar bermata pencaharian petani, peternak, dan wiraswasta ini masih menjaga entitas kampung mereka. Salah satunya dengan gelaran Festival Kampung Dokar.

Festival ini merupakan bentuk hari raya kebudayaan warga Banjar Tengah. Di antara suara kecil warga yang menyangsikan, gotong royong , antusiasme warga, dan kolaborasi lintas komunitas menjadi kekuatan tersendiri, hal ini sudah terlihat sejak gelaran Dokar Berbunyi pada 30 Agustus 2017 lalu. Di gelaran tersebut, untuk kali pertama tersaji kolaborasi Tarian Jaran Kepang, Reog Ponorogo dengan iringan Trance Music Arrington De Dionyso dan gerak dinamis video mapping Etnicholic Project. Warga larut dan bersemangat hingga dini hari.

Festival Kampung Dokar #2 mengusung tema 'Ojo Kepaten Obor'. Capaian/ikatan yang sudah terwujud sejak dulu di masyarakat jangan sampai terputus. Selama tiga hari ada banyak penyaji dalam panggung budaya dengan desain artistik. Dari warga kampung Dokar, kampung sekitar, lintas komunitas dan juga Universitas Brawijaya dalam gerakan bhakti budayanya.

Aneka stand kuliner kampung dan potensi pengkaryaan warga juga akan dipamerkan di sepanjang jalan Kampung Dokar.

Berikut beberapa sajian yang akan meramaikan Festival Kampung Dokar #2:
Plesiaran Numpak Dokar, Teater, Wayang, Jaran Kepangan, Perkusi, Musik Kontemporer, Band Indie, Tani Maju, Reog Universitas Brawijaya, Thek-thek Tok, Ngalam Leaf Cotton, Gathering Poring, Laber Antorium, Bazar, Workshop, Dolanan Malangan, Pengobtan Gratis, dan tentunya Wahana Selfie.

Kalian yang penasaran dengan Kampung Dokar, silakan kunjungi laman website: kampoengdokar.id atau sosial media mereka: IG @kampoengdokar , FB: Kampoeng Dokar



BACA JUGA