Sunday, 15 September 2019
halomalang.com

​Foto: Truk Kontainer Tabrak Buk Gluduk, Jadwal KA Terganggu Tiga Jam

30-Oct-2017 [20:17]
Truk bernopol L 8534 UT tersebut bermasalah para presneling, dan nekad melewati koridor jembatan yang maksimal hanya bisa dilewati kendaraan setinggi 4 meter

Petugas dari PT KAI tengah memperbaiki konstruksi Buk Gluduk yang tertabrak truk kontainer pada Senin sore, 30/10/2017. (Foto: W.Arief/Halomalang).

Sekitat 3 jam, tiga rangkaian Kereta Api (KA) yakni: Malioboro (Yogya - Malang), Tawangalun (Malang Kotalama - Banyuwangi), dan Malabar (Malang - Bandung) harus tertahan karena sebuah truk bermuatan kontainer menabrak bagian bawah rangka Jembatan Rel KA di Embong Brantas Kota Malang sekitar pukul 15.30 WIB, Senin (30/10/2017).

Akibatnya rangka penahan rel tersebut miring. Tepatnya di sepertiga bagian yang terdekat dengan Stasiun Malang Kotabaru. Tiga KA yang sedianya berangkat antara pukul 15. 45 - 16. 15 WIB terganggu.

Truk kontainer tersebut dikemudikan M. Abdul Rofik (28). "Kami amankan ke kantor unit Laka untuk proses lebih lanjut. Sopir sudah tahu kendaraan ada masalah tetapi tetap dipaksakan berjalan, ujar Kanit Laka Lantas Polres Malang Kota, Iptu Boedi Junaedi kepada awak media.

Menurut Junaedi, truk bernopol L 8534 UT tersebut bermasalah para presneling, dan nekad melewati koridor jembatan yang maksimal hanya bisa dilewati kendaraan setinggi 4 meter. "Kontainer tadi ketinggianya lebih dari 4.5 Meter," sambung Junaedi seperti dirilis tribunnews.

Truk pengangkut rol kertas seberat 32 ton ini sebelumya melaju dari arah Selatan (Jl. Gatot Subroto). Sopir yang tahu terjadi masalah pada presneling menghindari agar tidak berhenti di tengah jalan, namun karena di kawasan Jembatan Brantas (Kampung Warna warni - Tridi) terjadi kepadatan lalu lintas, sopir berinisiatif belok ke kiri arah Jl. Embong Brantas, namun kemudian berputar lagi ke kanan dan mengarah ke arah koridor paling kiri Buk Gluduk.

Rangka jembatan pun miring setelah terangkat sekitar 1,5 jengkal telapak tangan orang dewasa.

Usai truk dievakuasi, petugas dari PT KAI DAOP 8 berusaha keras memulihkan kondisi jembatan bersejarah ini dan rel di atasnya. Dari pengamatan halomalang, sekitar pukul 18.44 WIB rangkaian kereta Malabar (Malang - Bandung) sudah bisa melintasi jembatan ini meski dengan sangat pelan. Perbaikan masih tampak dilanjutkan di beberapa bagian.

[WA]



BACA JUGA