halomalang.com

Lawan Nyinyir Dengan Karya: Langkah Awal Kompilatour 'Duh Matamu!' Rock N' Roll Forum

Rencana awal 4 titik di Kota Malang melebar hingga setidaknya sampai 20 titik di Jawa dan Bali

Kompilatour #1 'Duh Matamu!' Rock N Roll Forum di C2C Cafe. 03/010/2017 (Foto: W. Arief/Halomalang)

Ditandai dengan gig kecil ala rock n roll plus sharing dari sejumlah pelaku musik di Malang, gerilya #kompilatour Rock N' Roll Forum telah dimulai. (03/10/2017).

Sebut saja Plat N, Sindikat Bergitar, Social of Society, Calle Major, The Sound Of SIlver Lining, Forlightz, Papajoven, Boedjang, Kievrock, The Samen: 10 band urakan Malang Raya ini sepakat mengkolektif lagu-lagu mereka dalam keping cakram digital yang dilabeli 'Duh Matamu!'.

Menurut mereka, album ini bukan sekadar kompilasi biasa Ngalamers. Karena nyatanya di luar produksi fisiknya yang tertunda-tunda, sebab sedang diperebutkan sejumlah label dan distibutor, perjalanan alias tur musik (Kompilatour) yang akan mereka jalani beberapa bulan ke depan dikatakan bakal memberi gelontoran inspirasi baru pagi pegiat musik indie/underground di Indonesia.

Bagaimana tidak, rencana awal 4 titik di Kota Malang melebar hingga setidaknya sampai 20 titik di Jawa dan Bali.

Gig pembuka ini juga diisi dengan sharing ringan di sela-sela aksi band.

"25 tahun lebih saya mengalami langsung bermusik, berkomunitas juga. Respon positif banyak, yang negatif juga tak kalah banyak. Terutama untuk karya yang kita keluarkan," kata Nonot 'Predator' musisi Malang yang juga dosen di sebuah perguruan tinggi ini.

Tema 'Membungkam Nyinyir dan Intervensi Karya' yang jadi bahasan dirasa Nonot harus disikapi bijak oleh para pegiat musik yang serius berkarya.

"Ini adalah eranya sosial media. Semua orang bisa melontarkan 'nyinyiran' tanpa memberi masukan dengan gampang. Bahkan orang yang nggak tau (proses kreatif) bermusik ikut-ikutan menghakimi. Itu lucu. Dulu saya hanya nemuin friendster dan sejenisnya yang tidak terlalu ngefek," ujarnya.

Ia juga memberi apresiasi terhadap anak (jiwa) muda yang kini masih giat berekspresi di musik rock. "Salut. (kompilatour) Ini tak mudah, karena keliling Jawa-Bali. Apalagi dari rock n roll forum ada yang masih pelajar. Butuh komitmen dan kebijakan yang bagus,"

Selain penampilan urakan, Vicky Plat-N, salah satu pegiat Rock N' Roll Forum juga memberi tanggapan di momen ini. "Tidak masalah di luar atau siapapun ingin nyinyirin kita. Yang positifnya kita ambil. Ada yang lebih penting, mari respon dengan karya,"

Sebelum #kompilatour 1 di C2C Cafe, Rock N' Roll Forum juga telah menggelar pre release 'Duh Matamu!' di dua tempat. 17 September dan 30 September (G 30 S Rock N Roll) 2017 lalu di dua titik cafe di Kota Malang.

Bukan tanpa kendala, di kalender akhir September tersebut, pre-release digelar dengan sedikit kekurang nyamanan. Dalam rilis tertulisnya (01/10) Rock N' Roll Forum menyebut dikarenakan persiapan venue yang belum mumpuni hingga miss-communication kecil yang berdampak besar bagi event. Puncaknya, Plat-N sebagai 'headliner' di event G 30 S Rock N Roll gagal tampil, termasuk kolaborasi seluruh band untuk membawakan single utama 'Duh Matamu!' juga gagal manggung.

"Sudah saatnya sinergi antara pelaku seni dan pemilik bisnis hiburan di satu kota wajib dijaga sebaik mungkin," pungkas Rock N Roll Forum.

[WA]





BACA JUGA