halomalang.com

Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Pancaroba

Pada musim pancaroba, daya tahan tubuh manusia diuji. Tubuh akan bekerja keras untuk mengatur dan menyesuaikan diri terhadap suhu yang berubah-ubah secara drastis. Karena hal tersebut sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh berkurang dan mudah terserang penyakit.

Ilustrasi. Hujan di akhir September 2017 kemarin di Kota Malang. BMKG memprakirakan puncak musim hujan 2017 terjadi pada bulan November. (Foto: W. Arief/Halomalang)

Beberapa hari terakhir, Kota Malang mengalami cuaca yang tidak menentu. Tiba-tiba hujan kemudian tiba-tiba cuaca panas hingga mecapai 24 derajat celcius. Perubahan musim yang tidak menentu ini biasa kita kenal dengan musim pancaroba. Musim pancaroba juga identik dengan mudahnya terserang beberapa penyakit, seperti demam, flu, batuk, malaria, dan berbagai macam penyakit infeksi lainnya.

Wiedi Widjanarko, Instuktor Capoeira Senzala Malang akan berbagi beberapa tips untuk Ngalamers agar tetap sehat di musim pancaroba ini:

1. Selalu jaga kebersihan dan kerapihan tempat tinggal, menjaga kebersihan rumah dengan menyapu dan mengepel rumah setiap hari untuk menghilangkan debu dan mikroba jahat yang ada disekitar tempat tinggal, pastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah yang nantinya akan dijadikan sarang nyamuk untuk berkembangbiak.

2. Pastikan selalu membawa jas hujan di jok motor, selalu memakai jaket, dan sediakan payung di dalam kendaraan atau di dalam tas Ngalamers. Segeralah mandi dengan air hangat jika terkena hujan, untuk menstabilkan suhu badanmu serta membersihkan badanmu dari kuman-kuman yang dibawa oleh hujan.

3. Jaga pola makan. Jangan pernah meninggalkan sarapan dan selalu atur jam makan Ngalamers, untuk menjaga kondisi badan tetap sehat.

4. Konsumsi cukup cairan dengan cara selalu ingat minum air putih. Karena jika tubuh kekurangan cairan di dalam tubuh bisa menyebabkan terhambatnya aliran darah dan juga aliran oksigen di pembuluh darah menjadi terganggu. Ngalamers bisa mengkonsumsi air putih sebanyak dua liter per hari. Lebih baik mengkonsumsi air putih karena air putih mampu menghindari dari bahaya dehidrasi, air putih juga mampu membuat tubuh menjadi bugar dikarenakan aliran darah dan juga aliran oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar.

5. Istirahat yang cukup. Dengan jam tidur yang teratur dan disarankan untuk tidur 8 jam per hari.

6. Konsumsilah vitamin. Tubuh juga membutuhkan asupan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan sehat. Perbanyaklah mengkonsumsi vitamin D sebagai antibodi untuk melawan kuman dan bakteri yang ada di dalam tubuh, serta vitamin C untuk menstabilkan sistem imun tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

7. Selalu berpikiran positif. Karena jika selalu berfikiran negatif maka energi negatif akan selalu menyelimuti tubuh, begitupula sebaliknya.

8. Olahraga Secara Teratur. Dengan olahraga bisa melancarkan peredaran darah, membakar lemak, tubuh tetap fit. Maka berolahragalah minimal 30 menit per hari Ngalamers untuk menjaga tubuhnya agar tidak mudah sakit.

"Yang biasanya orang lupa yaitu berolahraga, padahal olahraga merupakan hal penting untuk menjaga kondisi badan selalu sehat. Pilihan olahraga ada banyak bisa dengan berjalan kaki, lari, fitnes, aerobik, zumba, atau bisa dengan be-capoeira. Capoeira adalah seni bela diri dari Brasil. Dengan capoeira teknik yang diajarkan sudah bervariasi yaitu basic, sequencia atau kombinasi berpasangan, jogo atau bermain berpasangan (aplikasi), dan akrobatik." Wiedi menambahkan. [AI]



BACA JUGA