Thursday, 18 October 2018
halomalang.com

​Foto: Tak Hanya Camping Ground, Pantai Ungapan Disiapkan Jadi Sport Tourism Unggulan Malang

Tahun 2017, Pemkab Malang bertekad mewujudkan kunjungan 6 juta wisatawan ke wilayahnya.

Eksebisi Jet Ski dan Perahu Naga, plus fly board di Pantai Ungapan dalam rangkaian Malang Beach Festival 2017. Sabtu, 18/11/2017. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Perahu Naga, Jet Ski, dan lincahnya permainan Fly Board adalah pengalaman yang bisa disaksikan pengunjung Pantai Ungapan, di Kec. Gedangan, Kabupaten Malang. Sabtu, (18/11/2017). Dengan latar belakang Jembatan Lengkung Ungapan tentunya.

Event sehari ini memang cukup menarik, namun sayangnya hanya merupakan eksebisi rangkaian Malang Beach Festival #1 untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kabupaten Malang ke-1257 tahun 2017. Selama akhir pekan di November - Desember, di banyak titik pantai Malang Selatan digelar banyak event, mulai dari Kirab Budaya, Surfing, Layang-layang, Paralayang, Jet Ski, Marathon, hingga Sepatu Roda.

"Ini untuk memperkuat branding kita 'The Heart of East Java'. Pantai adalah satu-satunya wisata yang tidak dimiliki wilayah lain di Malang Raya," ujar Made Arya Wedhantara, Kadisbudpar Kabupaten Malang beberapa waktu lalu.

Khusus untuk Pantai Ungapan ini, Bupati Malang memberi perhatian spesial. "Kita akan jadikan Pantai Ungapan pusat olah raga air di Kabupaten Malang. Tentunya kita sudah punya di Bendungan Karangkates, dan Selorejo sebelumnya," kata Rendra saat membuka eksebisi Jet Ski (18/11/2017).

Lokasi yang strategis dekat dengan jalan raya, muara sungai yang memiliki lebar dan arus bagus, termasuk memiliki tonjolan dari bawah yang mampu menahan air lebih lama, dirasa Rendra memiliki potensi.

"Ke depan, saya sudah sampaikan ke pak Sekda dan UPTD terkait untuk membuat plengsengan agar kualitas airnya semakin bagus, penjernihan, dan menahan abrasi di sekitarnya. Sepanjang 5 Km kita bisa setting untuk nanti jadi tempat olah raga air seperti jet ski, ski air, kano, perahu, selam, atau fly board. Kalau jadi, nanti di Jawa Timur hanya akan ada di Pantai Ungapan," sambung Rendra. Ia juga menyampaikan di 2017, Pemkab Malang bertekad mewujudkan kunjungan 6 juta wisatawan.

Selain sport tourism, di lokasi ini nanti akan mejadi pusat pembinaan atlit-atlit olahraga air Kabupaten Malang. Rendra secara khusus juga mengapresiasi Jasalindo Sport (Lawang) yang telah membina atlet-atlet muda berprestasi secara mandiri, dan telah mengharumkan nama Kabupaten Malang. Eksebisi Jet Ski ini juga dihadiri sejumlah pejabat, Wakil Bupati Malang M. Sanusi, termasuk Direktur Pengurangan Bencana BNPB.

Pantai Ungapan berada di Desa Gajahrejo, tak jauh dari kawasan Pantai Bajulmati yang berada di tepian Jalur Lintas Selatan Kabupaten Malang. Pantai ini sebelumnya terkenal sebagai lokasi perkemahan yang strategis.

[WA]


PROMO KULINER HARI INI

A&W Paket Hari-hari Untung
​Paket spicy aroma chicken hanya 30ribu rupiah saja.
A&W Paket Hari-hari Untung
​Paket spicy aroma chicken hanya 30ribu rupiah saja.

A&W Paket Hari-hari Untung
​Paket spicy aroma chicken hanya 30ribu rupiah saja.


BACA JUGA