Thursday, 18 October 2018
halomalang.com

Ada Banyak Lokasi Surfing di Malang, Pantai Nganteb Salah Satunya

Jika kalian mengenal Bowele (Bolu-bolu, Wedi Awu, Lenggoksono) resort sebagai spot surfing populer di Malang, Pantai Nganteb layak menambah satu daftar berikutnya.

Eksebisi pertama di Pantai Nganteb. Tak hanya surfer internasional, di MBF 2017 jadi ajang unjuk kebolehan para surfer muda berbakat asal Malang. Sabtu, 18/11/2017. (Foto: W.Arief/Halomalang)

Jika kalian mengenal Bowele (Bolu-bolu, Wedi Awu, Lenggoksono) resort sebagai spot surfing populer di Malang, kini Pantai Nganteb layak menambah satu daftar berikutnya.

Di momen Singhasari International Surfing Exhibition 2017 pada Sabtu (18/11/2017) kemarin, peselancar dari 6 negara ambil bagian mencoba tantangan ombak di pantai yang juga terkenal dengan wisata religi-nya ini. Adalah dari Selandia Baru, Australia, Swedia, Jerman, Inggris, Jepang dan juga surfer tuan rumah Malang.

"Intinya, kita di sini untuk mengenalkan jika ada banyak lokasi surfing di Malang Selatan. Bowele, Nganteb, di Sendiki juga bisa," ujar Mukhlis, dari Malang Surfing Association (MSA) yang hadir bersama sejumlah surfer di Nganteb. MSA saat ini diketuai oleh Bawon Santoso (Santos)

Mukhlis adalah salah satu surfer pionir di Malang. Ia sejak 2012 mengembangkan wisata selancar di kawasan Bowele, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai guru di SDN Purwodadi 03 ini adalah juga ketua Kelompok Sadar Wisata di sana.

"Dulu yang ngenalin surfing ke saya mas Yudik Setiawan asli Talok (Turen) yang kini berdomisili Bali, nah itu orangnya lagi bertanding (final). Lawannya murid-muridnya sendiri," seraya menunjuk ke horison laut.

Rohmad Hambali, Adilan Joni Sahab, Muhammad Khoiri, Yudik Setyawan, Badra Dewanto adalah para finalis yang bertanding. Setelah 20 menit beradu skill, juri Ribut Wahyudi dari Volcom Bali mengumumkan hasilnya. Yudik harus mengakui keunggulan murid-muridnya. "Tenaga dan usia juga berpengaruh," seloroh Mukhlis.

Pantai Nganteb dinilai Mukhlis memiliki ombak yang bagus. "Tapi tidak di semua bagiannya bisa, meski besar. Keteraturan, ombak yang ada point nya justru di dekat karang itu, kalau besar akan bagus,"

Sebelum di Nganteb, kontes surfing di Malang pertama kali dilaksanakan di Pantai Wedi Awu, lalu lenggoksono. Pantai Modangan di Kecamatan Donomulyo juga memiliki ombak yang bisa untuk surfing.

Rendra Kresna, Bupati Malang mengapresiasi daya tarik Pantai Nganteb, karena selain sudah tersedia penginapan, juga kuliner lautnya. "Tahun 2018 sepanjang jalan masuk menuju pantai Nganteb (yang belum di aspal) akan kita realisasikan bisa diaspal. Jalanan yang mulus akan membuat wisatawan nyaman menuju pantai ini," kata Rendra saat membuka eksebisi.

Eksebisi ini merupakan rangkaian Malang Beach Festival 2017 yang digelar Pemerintah Kabupaten Malang menyambut ulang tahun Kabupaten Malang ke-1257 tahun ini.

Pantai Nganteb/Ngantep berada di kawasan Jalur Lintas Selatan (JLS), lokasinya sekitar 4 km di Timur Pantai Balekambang. Selain memiliki laguna kecil yang bisa digunakan untuk berwisata perahu, di sisi barat Nganteb (hanya terpisah bukit kecil) ada sebuah pantai yang relatif sepi: Pantai Taman Ayu. Di lokasi ini cocok digunakan untuk lokasi berkemah, ada sebuah bukit di sisi kanannya yang bisa menjadi titik pengamatan sunrise/sunset dengan latar depan Samudera Hindia.

[WA]


PROMO KULINER HARI INI

A&W Paket Hari-hari Untung
​Paket spicy aroma chicken hanya 30ribu rupiah saja.
A&W Paket Hari-hari Untung
​Paket spicy aroma chicken hanya 30ribu rupiah saja.

A&W Paket Hari-hari Untung
​Paket spicy aroma chicken hanya 30ribu rupiah saja.


BACA JUGA