halomalang.com

​Tustel Frame Vol.2: Pameran Pertama di Luar Kampus

Dua hari pameran, Tustel Frame Vol.2 di Semeru Art Gallery Malang. Sabtu, 02/12/2017 (Foto: W. Arief/Halomalang)

Untuk kali pertama, pameran besar karya fotografi komunitas 'Tustel' digelar di luar kampus. Adalah Semeru Art Gallery yang menjadi ruang display puluhan karya hasil hunting 2017 dan sejumlah koleksi anggota komunitas yang berdiri pada 2002 ini Ngalamers.

"Sebelumnya adalah Malang Frame, Tustel Frame dan Tustel Frame #1. Biasanya di kampus saja," ujar Delvi Adelia, mahasiswi Jurusan Teknologi Pangan Universitas Brawijaya yang juga ketua Tustel, Sabtu (02/12/2017).

Tustel, menurut Delvi, tak hanya fokus ke dunia fotografi semata, namun juga 'sedikit masuk ke videografi'. "Semua aspek fotografi kita belajar. Foto studio, hunting bareng (outdoor), terutama di tempat-tempat yang bagus," ujarnya seraya menunjuk ke ruang display.

Riuhnya pencari nafkah di pasar, ketinggian semeru, potret pemintal kain tradisional, hingga kedekatan seorang kakek dan cucu dalam wahana ayunan. Dibingkai kebanyakan dalam frame berukuran A3. Full Color dan hitam putih. Di sebuah partisi dari bambu juga tertera sedikit deskripsi basic fotografi, mulai jenis kamera hingga framing pengambilan gambar.

Tustel Frame Volume #2 kali ini mengangkat tema Potret Indonesia. Tak hanya tempat ikonik saja, Tustel menekankan ke anggotanya untuk mengangkat banyak aspek, seperti ke-nusantaraan, seni juga budaya.

"Urban explore adalah tema hunting kali ini. Sebelumnya ada 70 foto yang masuk, lalu dikurasi. Dan sisanya yang dipamerkan. Kita mau memperkenalkan Tustel di luar (kampus)," jelas Delvi.

Mahasiswi angkatan 2014 ini menjelaskan jika Tustel di tiap tahun selalu menggelar hunting besar seperti yang dilakukan komunitas fotografi lain. Tapi yang dianggapnya sedikit berbeda adalah kamera yang digunakan. Anggotanya dibebaskan menggunakan beragam jenis seperti kamera DSLR, mirrorless, pocket, hingga kamera ponsel.

Salah satu cara mengenalkan Tustel ke publik luar kampus adalah dengan menggelar community meet up antar komunitas fotografi kampus-kampus di Malang. Ruang-ruang publik di Kota Malang juga dibidik sebagai lokasi pameran berikutnya.

[WA]



BACA JUGA