Sunday, 16 December 2018
halomalang.com

#NgalamDinoIki Menyongsong Pagi Dari Jurang Kuali

Lansekap inilah yang menjadikan kawasan Sumber Brantas, Bumiaji ini istimewa. Kalian pecinta fotografi, maupun trekking ringan silakan main ke sini.

Petani di Sumber Brantas memanfaatkan kendaraan Jeep maupun motor modifikasi untuk berangkat ke ladang di kawasan Jurang Kuali. Kamis, 04/01/2018 (Foto: W.Arief/Halomalang)

Pukul 05.42 WIB, matahari hanya terwakili sorotnya, membias dari balik punggung Arjuno Welirang yang seperti benteng. Kabut sisa-sisa semalam mulai beringsut. Bulan kesiangan masih menyisakan warna pucat. Kawasan Brak Seng Dusun Jurang Kuali sudah ramai dengan deru jeep, maupun sepeda motor modifikasi. Kicau kutilang bersahut menyapa para petani yang datang dengan baju berwarna-warni. Kontras yang menarik, di antara hamparan hijau ladang kentang, wortel, dan kubis.

Inilah pemandangan sehari-hari masyarakat Kota Batu yang begitu dekat dengan pertanian. Salah satunya Misnan (40). Kamis pagi, (04/01/2018) ia berangkat untuk merawat ladang yang akan ditanami wortel.

"(Wortel) Panennya tiga bulan setelah ditanam. Sama seperti kubis. Kalau kentang 4 bulanan," ujarnya ramah.

Di kejauhan ada sebuah truk kuning berhenti, menurunkan puluhan petani lain, di petak ladang lain. Matahari mulai terlihat menapak di balik puncak Arjuno. Tapi kepulan asap kuning Weliranglah yang menyita perhatian.

Lansekap inilah yang menjadikan kawasan Sumberbrantas, Bumiaji ini istimewa. Kalian pecinta fotografi, maupun trekking ringan silakan main ke sini. Lokasinya berada di balik bukit sebelah kanan tikungan (jalur utama) yang mengarah ke Pemandian Air Panas Cangar (1 menit). Lokasi ini juga salah satu spot favorit pecinta astrofotografi untuk memotret fenomena langit seperti Milky Way ataupun Supermoon. Lokasinya cukup ideal, karena relatif jauh dari kawasan polusi cahaya di pusat Kota Wisata Batu.

Tapi saat ini musim hujan, siapkan perlengkapan kalian!

[WA]


BACA JUGA