Saturday, 07 December 2019
halomalang.com

Yoyon, Tokoh Dibalik Layar Toko Oleh-oleh Asix

Ada sosok dibalik layar Toko Oleh-oleh Asix yaitu Yoyon Widiyanto selaku Manager Store yang sudah memiliki pengalaman kerja di beberapa toko kue terkenal di Malang

Toko Oleh-oleh Asix milik keluarga musisi kondang Anang Hermansyah & Ashanti, mulai beroperasi 19 Agustus 2017 yang lalu. Nama Oleh-Oleh A6 yang dibaca Asix, diambil dari singkatan nama anggota keluarga Anang Hermansyah & Ashanti, yaitu : Anang, Ashanti, Aurel, Azriel, Arsy, dan Arsya. Toko Oleh-oleh Asix yang belum genap setahun ini, sudah familiar di kota Malang maupun luar kota Malang. Terbukti dari penjualan pada bulan Januari dan Februari 2018 rata-rata terjual sebanyak 500 pak.

Ada sosok dibalik layar Toko Oleh-oleh Asix yaitu Yoyon Widiyanto selaku Manager Store. Yoyon dalam wawancaranya dengan Halomalang Squad menceritakan awal mula bergabung dengan Tim Toko Oleh-oleh Asix. "Awalnya saya kenal dengan HRD Toko Oleh-oleh Asix kemudian ditawari untuk menjadi Manager Store di Toko Oleh-oleh Asix, akhirnya saya menerimanya." ungkapnya.

Yoyon sendiri sudah memiliki pengalaman kerja di beberapa toko kue terkenal di Malang, diantaranya Harvest Cake & Bakery dan Baker's King dan di Toko Oleh-oleh Asix, bagi Yoyon merupakan hal baru dan tantangan untuk dirinya. "Toko Oleh-oleh Asix ini merupakan bisnis yang lagi populer, dan ini merupakan tantangan baru dan saya harus memulai dari awal. Awal saya memperkenalkan Toko Oleh-oleh Asix, dengan perkenalan lewat media cetak, media online, radio, televisi dan sosial media. Nah ini yang terpenting memperkenalkan produk kepada Tim Toko Oleh-oleh Asix, untuk bisa memperkenalkan produk ini melalui sistem omongan. Ini benar-benar sesuatu hal baru yang saya pelajari di Toko Oleh-oleh Asix, karena hampir semua tim tidak mempunyai pengalaman berkerja. Kemudian saya bekali dengan product knowledge, menambahkan sedikit motivasi, serta menerapkan multi skill untuk semua tim," ungkap Yoyon.

Di toko oleh-oleh Asix terdapat 6 varian kue, di antaranya: Acio Chocolava, Ash Kayagreen, Anang Charcoal, Loly Rainberry Velvet, Jielly Hazelline, dan Acabi Chizmelt. Dan hingga saat ini yang menjadi top penjualan adalah Anang Charcoal dan Loly Rainberry Velvet.

"Memang sekarang varian hanya ada 6 varian saja tapi nanti kedepannya kita akan kembangkan lagi agar Ngalamers merasakan sesuatu yang baru dari Toko Oleh-oleh Asix. Sistem pembuatan kue bergantian untuk menjaga kualitas dan rasa tidak tercampur. Awalnya kita menerapkan sistem 3 shift namun seiringnya jadwal kerja yang sudah terbiasa akhirnya sekarang menjadi 2 shift," Yoyon berbagi rahasia dibalik layarnya.

Toko Oleh-oleh Asix selain memperkenalkan kue andalannya, juga memperkenalkan produk-produk unggulan dari Usaha Kecil Menengah yang ada di kota Malang. [AI]



BACA JUGA