Sunday, 23 September 2018
halomalang.com

Tak Hanya Nama Bandara, Prof. dr. Abdulrachman Saleh Juga Diabadikan Dalam Bentuk Monumen

Semasa hidup, Prof. dr. Sp.F Abdulrahman Saleh mendapat julukan "Karbol". Selain penerbang, pahlawan nasional yang meninggal di usia 38 tahun ini juga dikenal sebagai Tokoh Radio Republik Indonesia, dan juga Bapak Fisiologi Kedokteran Indonesia.

Monumen Marsekal Muda (Anumerta) Prof. dr Abdulrachman Saleh tersebut diresmikan Senin (12/03/2018) oleh Danlanud Abd. Saleh, Marsma TNI Julexi Tambayong. (Dok: Penlanud. Abd Saleh)

Jika Ngalamers masuk kawasan Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh Malang, kini ada sosok tegap setinggi 2.2 meter, tepat di sisi kiri gerbang masuk Lanud.

Monumen Marsekal Muda (Anumerta) Prof. dr Abdulrachman Saleh tersebut diresmikan Senin (12/03/2018) oleh Danlanud Abd. Saleh, Marsma TNI Julexi Tambayong.

"Saya berkeinginan membuat patung untuk mengenang jasa bapak Prof. dr Abdulrachman Saleh di wilayah Lanud Abd Saleh," terang Julexi. "Bapak Abdulrachman Saleh merupakan figur yang patut dicontoh bagi insan TNI AU, terutama Lanud Abd Saleh yang menyandang nama beliau,"

Monumen dari fiber ini dibuat oleh Yusman, seniman patung dari kota Yogyakarta. "Dibuat selama dua bulan lebih, dengan penuh ketelitian," terang rilis Penlanud. Patung terdiri dari 2 bagian yang utama, anatomi tubuh setinggi 2,2 meter dan bagian alas setinggi 1 meter yang tertera biografi Abdulrahman Saleh.

“Patung ini dibuat untuk menghormati jasa Abdulracman Saleh (karbol), selain ini Abd saleh juga pernah menjabat sebagai Komandan Lanud Abd Saleh.” ujar Mayor Tek. Wayan, ketua proyek.

Peresmian patung pahlawan nasional ini sekalgus 'kenang-kenangan' pada masa akhir jabatannya Julexi Tambayong di Malang. Rencananya, pada 20 Maret 2018 tongkat estafet pimpinan Lanud akan diserahkan kepada Kol Pnb Andi Wijaya. S.Sos,

“Saya berharap jasa Abdulracman Saleh (pak Karbol) sebagai seorang yang jujur, pantang menyerah, jenius, dapat selalu dikenang oleh generasi muda, terutama bagi masyarakat dan anggota tentunya, “ pungkas Julexi.

[Penlanud Abd. Saleh]



BACA JUGA